Kondisi Memanas, Gaza Tembakkan 3.100 Roket ke Israel


Senin, 17 Mei 2021 - 21:07:18 WIB
Kondisi Memanas, Gaza Tembakkan 3.100 Roket ke Israel Foto istimewa

GAZA, HARIANHALUAN.COM - Sebanyak 3.100 roket sudah ditembakkan dari Gaza ke Israel. Jumlah tersebut merupakan terbanyak yang pernah tercatat.

Namun, sistem anti-rudal Iron Dome milik Israel dapat menghalau lebih dari 1.000, demikian yang diwartakan AFP.

Kemudian PM Israel Benjamin Netanyahu dalam pidato yang disiarkan televisi pada Minggu (16/5/2021) mengatakan, "Upaya Israel melawan organisasi teroris terus berlanjut dengan kekuatan penuh, dan akan butuh waktu untuk menyelesaikannya."

Baca Juga : Modus Jual Aqua ke Sopir Truk, 10 Orang Ditangkap Polisi di Padang Pariaman

Berita Gaza Palestina terbaru menyebutkan, bombardir Israel di Gaza membuat 38.000 orang mengungsi dan 2.500 warga kehilangan tempat tinggal menurut PBB. Israel juga merusak infrastruktur di Gaza. Otoritas kelistrikan pada Senin (17/5/2021).

Konflik Israel Palestina 2021 ini adalah yang terburuk sejak 2014, ketika Israel melakukan operasi di Jalur Gaza dengan tujuan mengakhiri tembakan roket, dan menghancurkan terowongan yang dipakai untuk penyelundupan.

Bentrok Israel dan Palestina itu menewaskan 2.251 orang di pihak Palestina yang sebagian besar warga sipil, sedangkan korban tewas di Israel sebanyak 74 orang mayoritas tentara.

Lebih dari 200 orang tewas dalam seminggu

Kabar Palestina terkini, serangan udara Israel membombardir Jalur Gaza pada Senin (17/5/2021), membuat lebih dari 200 orang tewas dalam seminggu, sebagian besar warga Palestina.

Sebelum fajar, dalam waktu hanya beberapa menit, puluhan serangan Israel membombardir daerah yang dikontrol Hamas itu, menurut pantauan AFP. Api menerangi langit saat ledakan besar mengguncang kota itu, memicu pemadaman listrik dan merusak ratusan bangunan.

Sebanyak 54 jet tempur membombardir terowongan sepanjang 15 km yang sebelumnya diakui oleh militer berjalan sebagian melewati wilayah sipil. Warga Gaza Barat, Mad Abed Rabbo (39) mengungkapkan kengerian dan ketakutan atas intensitas serangan itu.

"Tidak pernah ada serangan sebesar ini," katanya merujuk pada serangan di Palestina hari ini. (*)

Editor : Milna Miana | Sumber : Kompas.com
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]