Madu Kelulut Diyakini Atasi Penyebaran Covid-19


Selasa, 18 Mei 2021 - 11:54:37 WIB
Madu Kelulut Diyakini Atasi Penyebaran Covid-19 Madu kelulut

SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM - Madu kelulut atau madu trigona yang dihasilkan lebah tanpa sengat diklaim mampu memperkuat system imun dalam mengatasi penyebaran virus Covid-19.

Agaknya hal itu membuat produksi madu kelulut di Kota Sawahlunto laris di pasaran. Bahkan, permintaan pasar akan madu kelulut lebih tinggi dibandingkan dengan jumlah produksi.

Simak Terus Berita Sumbar Hari ini di Harianhaluan.com

Baca Juga : Tak Hanya Virus Corona, 3 Penyakit ini juga Harus Diwaspadai!

“Alhamdulillah, selalu ada daftar tunggu. Hampir setiap hari ada pesanan yang datang, baik lokal Sawahlunto maupun dari luar Sawahlunto,” ujar Suprapto (47) salah seorang peternak lebah kelulut kepada harianhaluan.com, Selasa (18/5/2021).

Simak Terus Berita Sumbar Terkini di Harianhaluan.com

Suprapto mengungkapkan, kebanyakan pelanggannya memesan madu kelulut selain untuk stamina, juga dimanfaatkan untuk mengatasi panas demam.
Rata-rata, lanjutnya, konsumen yang memesan madu kelulut mengaku dikonsumsi untuk menambah system imun atau kekebalan tubuh. “Katanya sih, untuk menghindari Covid-19,” ujar Suprapto.

Hendri (44) salah seorang konsumen madu kelulut mengaku, meyakini madu kelulut tersebut dapat meningkatkan system imun tubuh. Apalagi, lanjutnya, madu kelulut ini sudah dijadikan masyarakat sebagai obat tradisional.

Menurut Hendri, ada rekan kerjanya yang sempat dinyatakan positif Covid-19, begitu mengkonsumsi madu kelulut, ketika diswab kembali dinyatakan negatif.

Madu kelulut diketahui memiliki kadar air yang lebih tinggi, keasaman lebih tinggi, karbohidrat total lebih rendah, antioksidan lebih tinggi. Manfaat madu kelulut bagi kesehatan memiliki sifat antiradang, mengontrol berat badan, dan sangat cocok untuk pasien diabetes.
Hendri sendiri rutin mengkonsumsi madu kelulut dengan keluarganya dalam menjaga kesehatan. 

“Yang sangat penting bagi saya dan keluarga, system imun yang kuat, sehingga tidak terkontaminasi COvid-19,” katanya. (*)

 

Reporter : Fadilla Jusman | Editor : Heldi Satria
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]