Hilangkan Stres dengan Tiga Latihan Pernapasan Ini


Selasa, 18 Mei 2021 - 12:20:20 WIB
Hilangkan Stres dengan Tiga Latihan Pernapasan Ini Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Untuk menurunkan stres, bernafas dalam-dalam adalah salah satu metode paling efektif dan cepat. Makanya, jenis olahraga seperti yoga banyak menerapkan latihan pernapasan di dalamnya ketika Anda berlatih.

Setiap kali seseorang menarik napas dalam-dalam, tindakan tersebut memerintahkan otak untuk rileks, setelah itu, tubuh mencapai keadaan istirahat yang dalam yang mengerem stres, memperlambat pernapasan dan detak jantung Anda, menurunkan tekanan darah, dan membawa tubuh dan pikiran Anda kembali seimbang.

Fokus pada napas dinilai baik untuk menenangkan diri atau sebagai praktik pereda stres yang sangat bermanfaat dan efektif karena mengaktifkan respons relaksasi alami tubuh. Untuk membantu Anda mengatasi saat-saat stres dan kecemasan, berikut  latihan yang baik dan akan membuat Anda merasa lebih tenang dan segar kembali dikutip dari Okezone

Baca Juga : Jangan Minum Kopi dari Jumlah Maksimal Ini per Pekan, Risiko Kematian Bakal Lebih Tinggi

1. Pernapasan Perut

Menghirup dan menghembuskan napas dari diafragma dapat membantu mengurangi jumlah pekerjaan yang perlu dilakukan tubuh Anda untuk bernapas, sehingga melepaskan semua tekanan dari tubuh Anda dan membuatnya tenang.

Untuk melakukan latihan ini, berbaringlah di lantai atau duduklah dengan nyaman dengan lutut ditekuk. Kemudian, letakkan satu tangan dengan lembut di bawah tulang rusuk dan satu tangan di atas jantung.

Setelah Anda mulai bernapas dari hidung, Anda akan merasakan perut dan dada Anda membesar dan berkontraksi. Berfokus pada gerakan-gerakan ini, bersama dengan pernapasan lambat akan membuat Anda rileks.

2. Pernapasan Resonan

Pernapasan resonan, juga dikenal sebagai pernapasan koheren, terbukti dapat mengatasi kecemasan dan stres karena membawa tubuh ke keadaan tenang.

Untuk mendapatkan yang terbaik, Anda perlu berbaring, menutup mulut, dan bernapas dengan hati-hati melalui mulut. Saat melakukannya, penting untuk tidak mengisi paru-paru Anda sepenuhnya dengan udara dan menghembuskan napas secara bertahap selama enam detik.

Lakukan perlahan, jangan paksa napas Anda, dan lanjutkan latihan ini selama 10 menit. Perlahan, ini akan menimbulkan sensasi menenangkan karena meningkatkan aktivitas sistem saraf parasimpatis dan saraf vagus.

3. Pernapasan Bibir

Teknik pernapasan mudah ini adalah tentang memperlambat proses dengan membuat Anda fokus pada setiap napas. Tidak seperti kebanyakan latihan, latihan ini bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja!

Untuk melakukan latihan ini dengan sempurna, Anda harus melatihnya untuk menguasai pola pernapasan yang ritmis. Untuk memulai, rilekskan bahu Anda dan tutup mulut.

Segera setelah Anda berada di posisi ini, tarik napas terus-menerus melalui hidung selama dua hitungan. Kerutkan bibir Anda seolah-olah Anda akan bersiul dan menghembuskan napas dalam empat hitungan. (*)

Editor : Rahma Nurjana | Sumber : okezone.com
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]