Wagub Sumbar: Perencanaan Food Estate Masih Banyak Masalah, Butuh Pengawasan!


Selasa, 18 Mei 2021 - 22:58:24 WIB
Wagub Sumbar: Perencanaan Food Estate Masih Banyak Masalah, Butuh Pengawasan! Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy.

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Wakil Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Audy Joinaldy mengatakan, potensi pertanian dan peternakan di Sumbar sangat besar. Sementara perencaan dan pelaksanaan Food Estate masih banyak masalah dan butuh pengawasan.

Hal tersebut disampaikannya saat kunjungan Ombudsman RI ke Provinsi Sumbar dalam rangka kordinasi dan kerjasama dalam pengawasan pelayanan publik dan membahas mengenai Food Estate.

"Masalah petani tidak hanya pupuk dan benih, namun berkaitan dengan skala lahan yang kecil, hal itu butuh peningkatan skala lahan dengan penambahan aktivitas seperti pertanian dengan peternakan, permasalah pasar, dan saat musim panen harga turun," ujar Audy.

Baca Juga : Datang ke Pesisir Selatan, Ombudsman Sumbar Pantau Layanan Publik dan PPBD

Food Estate, kata Audy, baru di usulkan ke pusat dan menduplikasi yang ada di Pasaman Barat, Solok Selatan, dan Pariaman. Saat ini Pasaman Barat memiliki lahan dengan luas 7700 hektar  bekas Hak Guna Usaha (HGU), dan tanah ulayat yang sudah diserahkan ke pemerintah.

Audy menanggapi penyampaian Yeka Hendra Fatika, anggota Ombudsman RI Periode 2016-2021 yang mengatakan Food estate belum memperoleh hasil sesuai yang diharapkan.

Menurutnya niat Food Estate memamang baik, namun perencanaan dan pelaksanaan nya masih banyak masalah, oleh karena itu butuh pengawasan dan dalam program Food Estate ini. 

"Penilaian kepatuhan standar layanan publik yang akan dilakukan Ombudsman jangan hanya sekedar penghargaan semata, namun tampak hasil perbaikan pelayanan publiknya di Sumbar," kata Audy. (*)

Reporter : Endrik Ahmad Iqbal | Editor : Agoes Embun
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]