Sutan Riska Ajak TP-PKK Dharmasraya Sosialisasikan Vaksinasi Covid-19


Senin, 24 Mei 2021 - 13:35:17 WIB
Sutan Riska Ajak TP-PKK Dharmasraya Sosialisasikan Vaksinasi Covid-19 Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan SE, saat memberikan arahan pada kegiatan pelantikan pengurus TP-PKK daerah itu untuk masa bhakti 2021-2024 di Auditorium Kantor Bupati Dharmasraya, Senin (24/5/2021).

PULAU PUNJUANG, HARIANHALUAN.COM - Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan mengajak segenap pengurus dan kader Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) di daerah itu turut serta berperan aktif menyosialisasikan seputar program vaksinasi nasional COVID-19.

Hal itu disampaikan saat melantik pengurus TP-PKK masa bhakti 2021-2024 di Auditorium Kantor Bupati Dharmasraya, Senin (24/5/2021). "Di masa pandemi COVID-19 diantara hal yang menjadi fokus pemerintah adalah penanganan kesehatan masyarakat melalui program vaksinasi serta penguatan ekonomi masyarakat," ungkapnya. 

Sebagai mitra pemerintah, lanjutnya, TP-PKK memiliki fungsi dan peranan penting dalam menyukseskan program itu. Lebih jauh diungkapkan, jumlah capaian vaksinasi COVID-19 masih terbilang rendah dan salah satunya dipicu oleh beredarnya informasi yang yang keliru seputar vaksin sehingga menjadi penyebab masyarakat enggan divaksin. 

Baca Juga : 19 Pelaku Usaha Agam Terima Sertifikat Halal dari Kanwil Kemenag Sumbar

Sebagai mitra pemerintah daerah, ulasnya, TP-PKK berkewajiban moral ikut bergerak meluruskan informasi tersebut sehingga tahapan vaksinasi nasional bisa berjalan baik sesuai target yang ditetapkan. "Mari cerdaskan masyarakat dengan informasi-informasi yang baik dan benar. Karena tidak mungkin pemerintah membahayakan masyarakatnya," ajak Sutan Riska. 

Dia menargetkan, Kabupaten Dharmasraya bisa segera bergerak menuju zona hijau jika vaksinasi sukses dilakukan dan penerapan standar protokol kesehatan dilaksanakan dengan kesadaran tinggi oleh segenap lapisan masyarakat.

Dalam hal penguatan ekonomi masyarakat, dia juga meminta TP PKK ikut mendorong upaya pemberdayaan terhadap pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) agar tetap bertahan di masa pandemi. 

"Zaman terus berubah, di era serba digital ini penting bagi kita untuk selalu memperbaharui pemikiran serta ilmu pengetahuan agar dapat tetap bersaing di tengah zaman yang terus berkembang," sebutnya. 

Untuk itu, lanjutnya, semua pihak terkait harus mampu mendorong pelaku UMKM untuk bisa menyesuaikan diri melalui transformasi digital. "Dengan demikian diyakini kelompok tersebut akan memiliki daya saing serta mampu tetap menggerakkan potensi ekonomi kerakyatan yang muaranya tentu akan memberi tren positif terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat, " tutupnya. 

Pada kesempatan itu, ia mengucapkan selamat bertugas kepada segenap pengurus TP PKK Kabupaten Dharmasraya yang baru dilantik dan dapat bekerja sebagai tim yang solid karena butuh energi yang besar untuk mengatasi persoalan dan menciptakan perubahan.

"Semua harus selaras, bersinergi dan efektif, terlebih pada masa pandemi yang sangat berat ini. Kepada seluruh OPD juga saya minta dapat membantu dalam mensuskseskan program-program PKK," tutupnya. (*)

Reporter : Rully Firmansyah | Editor : Agoes Embun
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]