Wako Padang: Kebudayaan dan Adat Tak Dapat Dipisahkan dari Kehidupan Manusia


Selasa, 25 Mei 2021 - 23:36:35 WIB
Wako Padang: Kebudayaan dan Adat Tak Dapat Dipisahkan dari Kehidupan Manusia Wako Padang Hendri Septa.

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Kebudayaan dan adat merupakan faktor yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia, karena hal tersebut menjadi identitas dari setiap orang sebagai individu dengan status makhluk sosial.

Hal itu disampaikan WaliKota Padang, Hendri Septa, saat membuka kegiatan Koordinasi Lembaga Adat di Hotel Kyriad Bumiminang, pada Selasa (25/05/2021).

Kegiatan ini diikuti oleh 100 orang peserta. Digelarnya kegiatan koordinasi lembaga adat ini, melibatkan seluruh pemangku adat se-Kota Padang.

Baca Juga : Ketua TP PKK Agam Ikuti Pelantikan Pengurus TP PKK Pusat Secara Virtual

Kegiatan tersebut bertujuan untuk mencari solusi permasalahan yang ada di tengah masyarakat seperti kemiskinan, pengangguran, dan kenakalan remaja.

Simak Terus Berita Sumbar Hari Ini di Harianhaluan.com

Hendri Septa mengatakan, keberagaman budaya yang ada di tengah masyarakat Indonesia seharusnya dikelola dengan baik dan mendapat perhatian serius dari pemerintah. Setiap kepentingan dan kebutuhan masyarakat yang mempunyai budaya dan adat istiadat yang berbeda harus dipenuhi dan diselaraskan dengan kebutuhan masyarakat itu.

Lebih lanjut disebutkan Hendri Septa, kekakayan budaya yang dimiliki Minangkabau sangat beragam, ini merupakan potensi yang sangat besar untuk digarap dapat menghasilkan dan meningkatkan ekonomi masyarakat.

Simak Terus Berita Sumbar Terkini di Harianhaluan.com

Menurutnya, Minangkabau sarat dengan adat istiadat untuk bisa diberdayakan menjadi pendapatan serta meningkatkan ekonomi masyarakat khususnya di Kota Padang.

"Walaupun di masa pandemi Covid-19 Pemerintah Kota Padang terus berupaya untuk meningkatkan ekonomi masyarakat melalui seni dan budaya,” tuturnya.(*)

Reporter : Rani Aprianti | Editor : Milna Miana
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]