Pasokan Turun, Masyarakat Sumbar Diminta Tidak Takut Donor Darah saat Pandemi


Kamis, 10 Juni 2021 - 23:04:28 WIB
Pasokan Turun, Masyarakat Sumbar Diminta Tidak Takut Donor Darah saat Pandemi Kegiatan donor darah.

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Palang Merah Indonesia (PMI) Sumbar ikut terdampak dalam menghimpun darah dari para pendonor karena pandemi Covid-19. Pasalnya, berbagai asumsi negatif masyarakat bermunculan akibatnya jumlah darah yang didapat mengalami penurunan.

Hal itu disampaikan Kepala Maskas PMI Sumbar, Hidayatullah Irwan, Kamis (10/6/2021).

Simak Terus Berita Sumbar Hari Ini di Harianhaluan.com

Hidayatullah Irwan mengatakan, kehidupan di muka bumi menuntun umat manusia untuk saling berbagi, membantu sesama manusia dengan ketulusan hati, sepertinya halnya aksi kemanusiaan PMI Sumbar yang senantiasa berupaya meringankan beban sesama dalam hal berdonor darah.

Baca Juga : Denda Tak Patuh Prokes di Sumbar Capai Puluhan Juta Rupiah, Untuk Apa Ya?

Hidayatullah Irwan menegaskan sejauh ini belum ada satu pun teknologi yang bisa memproduksi darah secara utuh sehingga kepedulian dan kepekaan terhadap lingkungan sekitar sangat dibutuhkan.

Simak Terus Berita Sumbar Terkini di Harianhaluan.com

"Dalam kenyataannya, kebutuhan akan darah tidak pernah berkurang, sekali pun dalam kondisi pandemi. Sebaliknya kebutuhan masyarakat akan darah terus meningkat pada saat jumlah pendonor makin berkurang, apalagi setelah digencarkannya program vaksinasi," ujar Hidayatullah Irwan.

Hidayatullah Irwan melihat pemahaman masyarakat terhadap Covid-19 makin bias sejalan dengan berkembangnya opini dan asumsi negatif publik tentang Covid-19 dan vaksinasi.

Oleh karena itu, Hidayatullah Irwan berharap, melalui momen tahunan, Hari Donor Darah se-Dunia yang diperingati tanggal 14 Juni mendatang, pemahaman masyarakat dapat lebih berkembang. 

"Kesadaran berdonor darah dapat kembali ditumbuhkan yang kelanjutannya dapat dilihat dari gelait aktifitas kemanusiaan yang bergulir pada 5 UDD yang tersebar pada daerah kabupaten dan kota di Sumatera Barat," tukasnya. (*)

Reporter : Milna Miana | Editor : Milna Miana
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]