Banjir Prestasi saat Pandemi, ITP Terus Maju dan Berkembang


Jumat, 11 Juni 2021 - 06:54:44 WIB
Banjir Prestasi saat Pandemi, ITP Terus Maju dan Berkembang Rektor ITP Hendri Nofrianto

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Yayasan Pendidikan Teknologi Padang, Institut Teknologi Padang (ITP) meraih serangkaian pencapaian luar biasa di bulan Juni ini. Hal tersebut disampaikan oleh Rektor ITP Hendri Nofrianto, Kamis (11/6/2021).

Pada Minggu ini, kata Nofrianto, ITP mendapat informasi melalui email bahwasanya ITP lolos dalam Program Kompetisi Kampus Merdeka (PK-KM) dengan dana Rp2,3 Miliar untuk satu tahun. “Kami bangga, karena untuk PK-KM ini ITP satu-satunya perguruan tinggi swasta yang meraih hal tersebut,” ujarnya.

Simak Terus Berita Sumbar Hari ini di Harianhaluan.com

Baca Juga : Besok, ITP Akan Resmikan Kampus II Bersama Kementrian PUPR

Ia mengatakan  secara wilayah LLDIKTI wilayah X, yaitu wilayah Sumbar, Riau, Jambi, dan Kepulauan Riau hanya 3 perguruan tinggi swasta yang mendapatkan PK-KM diantaranya Sumbar, Riau dan batam dari 247 perguruan tinggi yang ada di Wilayah LLDIKTI .

Program untuk tahun pertama ini akan berakhir pada 10 Desember karena dana yang diterima ITP tersebut merupakan dana APBN. “Mudah-mudahan bisa berjalan lancar. Semoga di tahun kedua pemerintah bisa membantu lebih dari Rp2,3 Miliar. Karena nantinya ITP akan mengalokasikan dana untuk join riset dengan perguruan tinggi yang masuk ke 100 besar,” katanya.

Simak Terus Berita Sumbar Terkini di Harianhaluan.com

Hal tersebut, katanya, dilakukan seluruhnya di PK-KM untuk mendorong Prodi di ITP mendapat akreditasi A. ITP sudah menyiapkan 3 prodi untuk akreditasi A yaitu Teknik Sipil, Teknik Mesin dan Teknik Elektro.

Pencapaian yang lain, Nofrianto menyebutkan pada revisi kurikulum Teknik Sipil, Teknik Elektro dan Teknik Geodesi tahun kemarin sudah didapatkan dananya. Tahun sekarang, untuk Center of Excelent (COE) dipersiapkan Prodi Teknik Informatika dan Teknik Mesin, yang nanti arahnya tetap ke PK-KM untuk tahun depan.

“Revisi kurikulum tersebut termasuk dalam 8 Indikator Kinerja Utama (IKU). Bantuannya 80 juta untuk satu prodi, jadi karena yang dipersiapkan ITP ada dua prodi maka dananya 160 juta,” katanya.

Pencapaian berikutnya, lanjutnya, Bank Nagari sebagai Mitra ITP memberikan bantuan mobil operasional yaitu satu buah Mobil Innova. “Bank Nagari bukan kali ini saja membantu ITP. Selama ini, Bank Nagari banyak membantu ITP dalam bentuk kegiatan. Diantaranya beasiswa untuk mahasiswa 2 tahun terakhir. ITP mendapatkan sekitar 50 juta untuk 25 orang mahasiswa,” ujarnya.

Kemudian dalam hal pembangunan, kata dia, ITP telah membangun kampus 2 yang dimulai dengan ada bantuan rumah susun (rusunawa) mahasiswa dari Kementerian PUPR dibawah Dirjen Perumahan. “Rencananya, tanggal 17 Juni akan diserahterimakan dari pemerintah melalui Dirjen Perumahan pada ITP,” katanya.

Nofrianto mengatakan, nominal rupiah untuk penyediaan rusunawa tersebut hampir Rp20 Miliar yang terdiri dari bangunan tiga lantai, dengan 43 kamar tidur. Satu kamar diisi oleh 4 mahasiswa. Sehingga ada 172 mahasiswa yang bisa tinggal di rusunawa tersebut.

Bersamaan dengan itu, Yayasan berkomitmen membangun di kampus 2, yaitu gedung vokasi yang direncanakan 2 lantai. Namun, oleh sebab ITP akan melakukan percepatan serah terima, maka diputuskan untuk menyelesaikan 2 lantai dulu yang dioperasionalkan di semester ganjil Tahun 2021/ 2022. ”Lantai satu untuk pelayanan, termasuk ruang dosen dan lantai dua untuk ruang kuliah,” ujarnya.

Disisi lain, rektor ITP menyampaikan, dalam penerimaan mahasiswa baru ITP siap menerima 1000 mahasiswa, karena ITP sudah memiliki kampus 2. “Kampus di Bypass direncanakan untuk  Fakultas Vokasi dan kampus satu untuk Fakultas Teknik dan Pasca Sarjana,” katanya. (*)

Reporter : Endrik Ahmad Iqbal | Editor : Rahma Nurjana
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]