Pesawat CN-235 Buatan Indonesia Jadi 'Rebutan' Internasional, Berapa Harganya?


Jumat, 11 Juni 2021 - 09:10:50 WIB
Pesawat CN-235 Buatan Indonesia Jadi 'Rebutan' Internasional, Berapa Harganya? Pesawat terbang CN235-220. (Foto: Dok. PT DI)

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Ini kabar gembira dari PT Dirgantara Indonesia (PT DI). Pesawat CN-235 banyak diminati oleh banyak negara tetangga sampai beda benua untuk keperluan sipil hingga militer. Harga pesawat ini relatif kompetitif dan bisa diandalkan sehingga negara pengguna ketagihan.

Tengok saja di ASEAN, ada Brunei yang memiliki 1 unit CN235. Pesawat rakitan PT Dirgantara Indonesia (PT DI) ini sebanyak 8 unit dimiliki Tentera Udara Diraja Malaysia, 8 unit dimiliki Angkatan Udara Korea Selatan dan 4 unit untuk Polisi Korea Selatan, 4 unit untuk Pakistan, 7 unit untuk Uni Emirate Arab, 1 unit untuk Burkina Faso, dan 3 unit Senegal.

Berapa harganya?

Baca Juga : PT Bank KEB Hana Indonesia dan LINE Luncurkan LINE Bank by Hana Bank di Indonesia

Pihak PT DI selaku produsen memang tak mengungkapkan harga persisnya, tapi terungkap dari data yang dirilis Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI)/Indonesia Eximbank.

Saat PT DI melakukan ekspor satu unit pesawat terbang CN235-220 Maritime Patrol Aircraft (MPA) untuk Senegal Air Force. Terungkap ekspor pesawat udara oleh PTDI didukung dengan pembiayaan skema Penugasan Khusus/National Interest Account (NIA) dengan total keseluruhan sebesar Rp 354 Miliar.

Penandatanganan kontrak pengadaan sudah terjadi pada tanggal 08 Agustus 2017 dengan nomor kontrak PTD/0005/UT0000/08/2017 antara PTDI dengan A.D. Trade Belgium Company untuk end user Senegal Air Force.

Penggunaan skema NIA dari LPEI/Indonesia Eximbank ini merupakan penugasan khusus dari Kementerian Keuangan RI untuk penyediaan pembiayaan ekspor pesawat udara dengan penetrasi pasar Afrika dan Asia Selatan. (*)

Editor : Rahma Nurjana | Sumber : CNBC Indonesia
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]