Maksimalkan Penerimaan, Dishub Dharmasraya Garap Potensi Parkir Pasar Tradisional


Jumat, 11 Juni 2021 - 10:22:48 WIB
Maksimalkan Penerimaan, Dishub Dharmasraya Garap Potensi Parkir Pasar Tradisional Giat Koordinasi antara pihak Dinas Perhubungan Kabupaten Dharmasraya dengan Walinagari Tabek, Kecamatan Timpeh, terkait pemetaan potensi parkir pasar tradisional di nagari itu, Jum'at (11/06).

PULAU PUNJUNG, HARIANHALUAN.COM -  Guna memaksimalkan penerimaan kas daerah dari sektor retribusi jasa umum, Dinas Perhubungan Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat, mulai menggarap potensi parkir di Pasar Tradisional di daerah itu, pada 2021.

Kepala Dinas Perhubungan setempat, Ramilus, melalui Sekretaris Dinas Perhubungan Kabupaten Dharmasraya, Atrizal, mengungkapkan sektor tersebut cukup potensial dikembangkan sebagai bentuk pelayanan kepada masyarakat di daerah itu. 

Simak Terus Berita Sumbar Hari ini di Harianhaluan.com

Baca Juga : 19 Pelaku Usaha Agam Terima Sertifikat Halal dari Kanwil Kemenag Sumbar

"Dengan kata lain ketersediaan sistem perparkiran yang rapi dan terstruktur adalah bentuk jasa pelayanan yang sudah dibutuhkan oleh masyarakat mengingat tumbuh pesatnya populasi kendaraan bermotor saat ini, " sebutnya, Jum'at (11/06). 

Menurutnya, sebagai dinas teknis terkait jasa tersebut pihaknya sudah merancang pola kemitraan dengan melibatkan unsur terkait seperti Pemerintah Nagari dan pengurus pasar tradisional setempat.

Simak Terus Berita Sumbar Terkini di Harianhaluan.com

Selain itu, ulasnya, ketersediaan personel dan infrastruktur pendukung juga menjadi faktor penting untuk dipenuhi disamping penerapan aturan, nota kesepahaman serta regulasi yang dibutuhkan. 

Dengan kolaborasi yang baik, lanjutnya, diharapkan dapat memberi efek positif terhadap peningkatan layanan dan akan berbanding lurus dengan upaya peningkatan penerimaan jasa retribusi.

"Muaranya adalah bagaimana peningkatan pendapatan yang terjadi akan dinikmati manfaat sebesar-besarnya untuk menciptakan layanan prima dan berkualitas bagi masyarakat, " terangnya. 

Terpisah, Walinagari Timpeh, Syafrial SSos, menyambut baik dan siap mendukung program Dinas Perhubungan tersebut untuk diterapkan di pasar tradisional nagari di wilayah administrasinya. 

"Yang terpenting adalah bagaimana penerapan aturannya tidak tumpang tindih dan tidak memberatkan masyarakat, kaya fungsi dan mampu memberi peningkatan terhadap sektor pelayanan bagi masyarakat, " tutupnya.

Penelusuran HarianHaluan. Com terungkap secara umum terkait pelaksanaan APBD tahun anggaran 2020 meliputi Pendapatan Daerah dari target Rp 1.013.848.877.651, terealisasi sebesar Rp 990.191.146.482,12 atau 97,67 persen.

Belanja daerah dengan besaran anggaran Rp 1.017.742.329.264,32,- telah terealisasi sebesar Rp 985.750.172.888,95 atau sebesar 96,86 persen. 

Sedangkan untuk Pembiayaan Daerah,terdiri dari penggunaan SiLPA tahun 2019 sebesar Rp. 3.893.451.613,32. 

Sementara Sisa Lebih Pembiayaan Anggaran (SiLPA) pada tahun 2020 adalah sebesar Rp 8.334.425.206,49. (*)

Reporter : Rully Firmansyah | Editor : Rahma Nurjana
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]