Penanganan Covid-19 Masih Prioritas di Desa Lunto Timur Sawahlunto


Jumat, 11 Juni 2021 - 10:28:45 WIB
Penanganan Covid-19 Masih Prioritas di Desa Lunto Timur Sawahlunto Kades Lunto Timur, Wetrianto

SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM - Program penanganan Covid-19 masih tetap menjadi prioritas pembangunan tahun 2021, di Desa Lunto Timur, Kecamatan Lembah Segar, Kota Sawahlunto.

Setidaknya terdapat dua program pokok yang khusus menyasar penanganan Covid-19 itu. Mulai dari pembentukan Satgas Covid-19 dengan anggaran Rp112 juta hingga Bantuan Langsung Tunai Rp334,8 juta.

"Untuk program pembentukan Satgas ini meliputi pendirian Posko, personil satuan tugas, dan alat pelindung diri, serta penanganan masyarakat yang terpapar virus nantinya," ujar Kepala Desa Lunto Timur, Wetrianto kepada harianhaluan.com, Jumat (11/6).

Baca Juga : Denda Tak Patuh Prokes di Sumbar Capai Puluhan Juta Rupiah, Untuk Apa Ya?

Alokasi anggaran ini, lanjut Wetrianto, berasal dari refokusing anggaran dana desa sebesar Rp112 juta.
Selanjutnya, jelas Wetrianto, melalui dana desa juga dianggarkan bantuan langsung tunai (BLT) dengan 93 keluarga penerima manfaat, masing-masing mendapatkan Rp300 ribu setiap bulan.

Total BLT yang akan didistribusikan setiap bulan itu selama 2021 mencapai angka Rp334,8 juta.
Sebenarnya, menurut kepala desa, dalam program pembangunan fisik, juga mengutamakan masyarakat yang terdampak Covid-19 sebagai tenaga kerja utama.

"Alhamdulillah, dalam kondisi anggaran yang terbilang terbatas ini, Lunto Timur tetap melakukan pembangunan fisik di setiap dusun," kata Wetrianto.

Selain itu, di luar dana desa, Lunto Timur juga mendapatkan program KOTAKU dengan 13 titik pekerjaan yabg melibatkan banyak pekerja.

Desa Lunto Timur sendiri memiliki penduduk 1.546 jiwa dengan 427 kepala keluarga, yang didukung APBDes 2021 sebesar Rp2,902 miliar. (*)

Reporter : Fadilla Jusman | Editor : Rahma Nurjana
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]