Wakil Ketua DPRD Padang Mangkir dari Pemeriksaan Kasus Dana Pokir


Jumat, 11 Juni 2021 - 18:11:53 WIB
Wakil Ketua DPRD Padang Mangkir dari Pemeriksaan Kasus Dana Pokir Kasat Reskrim Polresta Padang, Kompol Richo Fernanda.

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Ketua DPC Partai Demokrat Padang yang juga Wakil DPRD Padang, Ilham Maulana mangkir ketika dipanggil Unit Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Polresta Padang soal dugaan penyelewengan dana Pokok Pikiran (Pokir).

Informasi yang dihimpun harianhaluan.com, pemanggilan ini dilakukan terhadap yang bersangkutan guna dimintai keterangan soal dugaan korupsi tersebut. Namun, dia (Ilham Maulana.red) tidak datang.

"Kemarin, yang bersangkutan ini sudah kita panggil. Kemudian, dia minta jadwal hari ini. Tapi, ternyata tidak datang," ujar Kasat Reskrim Polresta Padang, Kompol Rico Fernanda, Jumat (11/6/2021).

Baca Juga : Perumda AM Kota Padang Lakukan Bedah Rumah yang Ketiga

Richo menyebut, pihaknya masih melakukan penyelidikan terhadap dugaan korupsi tersebut. Selain itu, pihaknya sudah memeriksa sejumlah saksi. "Ada seratus lebih saksi yang sudah diperiksa. Tinggal mendengar keterangan terlapor," katanya.

Kasat membenarkan yang terlibat dugaan korupsi adalah Wakil DPRD Padang. "Dia adalah salah satu pimpinan DPRD," terangnya.

Diketahui, terungkapnya dugaan korupsi itu bermula dari laporan dari masyarakat karena telah terjadi penyelewengan dana Pokir. "Dia diperiksa sebagai saksi terkait dugaan penyelewengan dana pokir. Pemeriksaan dijadwalkan siang ini," katanya.

Berdasarkan laporan, kata Richo,  ada penyelewengan dana sebesar Rp500 ribu perorang yang terjadi di Daerah Pemilihannya (Dapil). Dana Pokir itu diberikan kepada 80 orang dengan masing-masingnya mendapat Rp1,5 juta. 

"Tapi, yang bersangkutan ini meminta kembalian Rp500 ribu per orangnya," ujar Kasat. (*)

Reporter : Tim | Editor : Agoes Embun
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]