Ada Gelombang Tinggi, Nelayan Sumbar Diminta Perhatikan Cuaca Sebelum Melaut


Jumat, 11 Juni 2021 - 18:15:18 WIB
Ada Gelombang Tinggi, Nelayan Sumbar Diminta Perhatikan Cuaca Sebelum Melaut Dok Harianhaluan.com

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Badan Mateorologi Klimatologi Geofika (BMKG) Maritim Teluk Bayur memprediksi selama beberapa hari ke depan akan terjadi gelombang tinggi di perairan Kepulauan Mentawai mencapai 3 (tiga) meter.

Hal tersebut dibeberkan Kepala BMKG Maritim Teluk Bayur Syafrizal, Jumat (11/6/2021). Dia menyebutkan, untuk wilayah timur Mentawai dan perairan barat Sumbar ada potensi gelombang tinggi mencapai 0,25 hingga 1,25 meter.

Simak Terus Berita Sumbar Hari Ini di Harianhaluan.com

"Gelombang 1,50 hingga 2,50 meter juga berpotensi terjadi di perairan utara Siberut dan perairan Bengkulu," kata Syafrizal.

Baca Juga : Denda Tak Patuh Prokes di Sumbar Capai Puluhan Juta Rupiah, Untuk Apa Ya?

Selain itu, perlu juga diwaspadai gelombang dengan ketinggian 2.00 - 3.00 M berpeluang terjadi di wilayah Samudera Hindia Barat Kep. Mentawai, Perairan Timur Enggano dan Samudera Hindia Barat Bengkulu.

Simak Terus Berita Sumbar Terkini di Harianhaluan.com

Oleh karena itu, Syafrizal mengimbau dan meminta para nelayan dan masyarakat yang beraktivitas dilaut untuk dapat memantau kondisi cuaca pada saat hendak ke laut. Jika terjadi perubahan cuaca sebaiknya untuk tidak pergi ke laut.

“Kita terus mengimbau dan memintak para nelayan atau masyarakat yang bekerja di laut, untuk selalu berhati hati, lihat kondisi cuaca sebelum melaut dan mencari informasi yang akurat dari BMKG, agar terhindar dari hal hal yang tidak di inginkan,” ujar Syafrizal.

Sementara itu untuk gelombang pasang surut, Syafrizal menjelaskan, untuk gelombang pasang terjadi pada pukul 08.00 wib pagi tadi dengan ketinggin 1,3 3 meter. Sedangkan untuk gelombang surut terjadi pada pukul 13.00 wib dengan ketinggian 0,3 meter.

Syafrizal berharap para nelayan untuk selalu mewaspadai resiko tinggi terhadap keselamatan pelayaran. Untuk perahu nelayan, waspada tinggi gelombang lebih dari 1,25 meter dan kecepatan angin lebih dari 15 knots.

Kapal Tongkang, gelombang tinggi lebih dari 1,50 meter dan kecepatan angin lebih dari 15 knots serta kapal ferry, ketinggin gelombang diatas 2,50 meter dan kecepatan angin lebih darif 21 knots dan kapal ukuran besar seperti kapal kargo dan pesiar, harus mewaspadai ketinggian gelombang lebih dari 4 meter dengan kecepatan angin lebih dari 27 knots. (*)

Reporter : Milna Miana | Editor : Milna Miana
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]