Sidang Perkara Korupsi di PD Tuah Sekata, Afrizal Didakwa Rugikan Negara Rp3 M Lebih


Jumat, 11 Juni 2021 - 20:18:06 WIB
Sidang Perkara Korupsi di  PD Tuah Sekata,  Afrizal Didakwa Rugikan Negara Rp3 M Lebih Ilustrasi

PEKANBARU,HARIANHALUAN.COM-Sidang perdana dugaan korupsi penyimpangan dalam kegiatan belanja barang operasional kelistrikan pada PD Tuah Sekata Pelalawan Tahun 2012 hingga 2016 mulai digelar secara virtual, Jumat (11/6/2021). 

Sidang mengadili  Afrizal  yang didakwa melakukan rasuah yang mengakibatkan kerugian keuangan negara sebesar Rp3 miliar lebih.

Terdakwa yang merupakan mantan Kepala Divisi Listrik pada Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Kabupaten Pelalawan itu  menlani sidang dari  Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas I Pekanbaru.

Baca Juga : Heroik! Pria Lansia Berduel dengan Beruang di Pasaman Barat, Nyawanya Selamat 

Sementara majelis hakim yang diketuai, Dedi Kuswara, Jaksa Penuntut Umum (JPU) serta penasehat hukum terdakwa berada di Pengadilan Tipikor pada Pengadilan Negeri (PN) Pekanbaru.

“Iya. Tadi pembacaan surat dakwaan oleh tim JPU,” ujar Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Pelalawan, Silpia Rosalina melalui Kepala Seksi (Kasi) Intelijen Sumriadi, Jumat (11/6).

Dalam dakwaannya, kata Sumriadi, Afrizal didakwa dengan pasal berlapis tentang pemberantasan tindak pidana korupsi secara berkelanjutan.

Dalam dakwaan primair, terdakwa didakwa melanggar Pasal 2 ayat (1) jo Pasal 18 Undang-undang (UU) RI Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dan ditambah dengan UU RI Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi, jo Pasal 64 ayat (1) KUHP.

“Dalam dakwaan subsider, terdakwa didakwa melanggar Pasal 3 jo Pasal 18 Undang-undang (UU) RI Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dan ditambah dengan UU RI Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi, jo Pasal 64 ayat (1) KUHP,” kata Jaksa yang akrab disapa Udo Adi itu seperti dilansir Haluanriau.co.

Atas dakwaan itu, terdakwa menyatakan keberatan. Afrizal, kata Sumriadi, akan mengajukan eksepsi yang akan disampaikan pada persidangan yang dijadwalkan digelar pada Jumat (18/6) mendatang. (*)

Editor : Dodi | Sumber : Haluanriau.co
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]