Hidupkan Kembali Pelabuhan Impor Sembako Dumai, Gubernur Riau Temui Wamendag


Jumat, 11 Juni 2021 - 20:43:25 WIB
Hidupkan Kembali Pelabuhan Impor Sembako Dumai, Gubernur Riau Temui Wamendag Gubernur Riau bertemu dengan, Wakil Menteri (Wamen) Perdagangan Jerry Sambuaga. Ist

PEKANBARU,HARIANHALUAN.COM-Pelabuhan Dumai, Provinsi Riau  dulu pernah tersohor sebagai pelabuhan impor Sembako. Gubernur Riau, berencana akan menghidupnya kembali.

Satu langkah yang diambil Gubernur Riau bertemu dengan, Wakil Menteri (Wamen) Perdagangan Jerry Sambuaga di ruang kerja Wamen, Gedung Kementerian Perdagangan RI, Jakarta, Jumat (11/6/2021).

Dalam pertemuan yang berlangsung akrab itu banyak hal yang dibahas. Terutama menyangkut pembangunan di bawah koordinasi dan tupoksi Kementerian Perdagangan. Termasuk Pelabuhan Dumai yang saat ini tidak lagi berfungsi sebagai pelabuhan impor sembako, yang mengakibatkan lebih dari 5 ribu orang kini menganggur.

Baca Juga : Luncurkan Fitur E-Registration, PermataBank Dukung Generasi Muda Aktif Raih Financial Freedom

“Dulu Pelabuhan Dumai ini berfungsi sebagai pelabuhan impor sembako. Tapi sekarang tidak lagi. Kami berharap dapat difungsikan kembali,” ujar Gubri dilansir Haluanriau.co

Dijelaskan Gubri, saat ini impor sembako untuk Riau harus melalui Pelabuhan Belawan, dimana jaraknya cukup jauh, sehingga juga menambah cost (biaya). Jika biaya bertambah, tentu harga juga jadi naik. Dari Pelabuhan Belawan ke Riau jika ditempuh lewat darat lebih dari 15 jam.

“Kalau bisa lewat Pelabuhan Dumai tentu lebih murah, dan lebih 5 ribu tenaga kerja yang kini menganggur bisa kembali bekerja seperti dulu,” ungkap Gubri.

Gubri juga menyampaikan usulan revitalisasi pasar, pengembangan pasar wisata dan pasar induk Kota Pekanbaru. Termasuk soal perdagangan ekspor dan impor di Riau.

Terkait berbagai usulan Gubri tersebut, Wamen Jerry merespon dengan baik.

“Kita akan pelajari semua Pak Gubernur. Termasuk soal Pelabuhan Dumai itu. Jika memang bisa (untuk impor sembako) kenapa tidak,” kata Wamen.

Wamen juga menyampaikan rencana pembangunan pabrik pengolahan air kelapa hibrida. Dimana rasa dan kandungannya sama sekali tidak berubah. Dan Wamen berjanji segera melakukan kunjungan kerja ke Riau.

“Jadi ini teknologinya sudah ada dari Prancis. Tinggal kita menyiapkan kelapa hibridanya. Kalau lahannya sudah tersedia di Riau, ya apalagi. Paling lambat Juli nanti kami ke Riau, Pak Gubernur,” ungkap Wamen.

Gubri Syamsuar tentu saja menyambut baik rencana kunjungan kerja Wamen tersebut. “Kami tunggu dengan senang hati Pak,” kata Gubri. (*)

Editor : Dodi | Sumber : Haluanriau.co
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]