Komplotan Pencuri Rumah di Padang Diciduk Tim Klewang, Satu Ditembak


Sabtu, 12 Juni 2021 - 00:24:33 WIB
Komplotan Pencuri Rumah di Padang Diciduk Tim Klewang, Satu Ditembak Empat tersangka pencurian rumah diciduk Tim Klewang Satreskrim Polresa Padang.

PADANG, HARIANHALUAN.COM – Komplotan maling rumah yang kerap beraksi di Kota Padang, terutama di kawasan Kecamatan Nanggalo berhasil diciduk Tim Klewang Satreskrim Polresta Padang beberapa waktu lalu. Satu diantara empat tersangka terpaksa dilumpuhkan dengan tindakan tegas terukur atau ditembak lantaran mencoba melawan petugas dan melarikan diri saat ditangkap. 

Informasi yang dihimpun harianhaluan.com, empat tersangka tersebut yakni, KR (19) warga Tabing Banda Gadang, FR (21) warga Tabing Banda Gadang, BM (40) warga Purus IV dan MD (43) warga Belanti. Dari keempat tersangka ini petugas berhasil mengamankan tiga unit laptop, sebuah dompet dan sebuah obeng yang diduga digunakan untuk beraksi. 

Kasat Reskrim Polresta Padang Kompol Richo Fernanda kepada harianhaluan.com, Jumat (11/6/2021) mengatakan, penangkapan terhadap para tersangka bermula dari laporan korban dengan Nomor: LP/B/287/VI/2021/SPKT/POLRESTA PADANG/POLDA SUMBAR, tanggal 7 Juni 2021. Saat itu, korban kaget saat melihat barang-barang yang ada di dalam rumahnya berantakan dan sejumlah barang berharga hilang.

Baca Juga : Heroik! Pria Lansia Berduel dengan Beruang di Pasaman Barat, Nyawanya Selamat 

Usai menerima laporan, Kasat Reskrim pun meneruskan kepada Tim Klewang untuk melakukan penyelidikan lebih lanjut. Dari penelusuran di lapangan, Tim Klewang mendapatkan identitas salah seorang tersangka, yakni KR. Setelah mendapatkan lokasi tersangka, Tim Klewang pun melakukan penangkapan, namun tersangka berusaha kabur. 

Akhirnya, petugas pun mengeluarkan tindakan tegas terukur dengan sebuah tembakan di kaki bagian kirinya. “Kita amankan tersangka di rumahnya, tapi dia berusaha kabur, makanya kita amankan tindakan," sebut Kasat. 

Usai diamankan, petugas pun membawa KR untuk menunjukkan posisi tiga rekannya yang lain. "Setelah dilakuk pengembangan, tiga tersangka lainnya berhasil diamankan di rumah mereka masing-masing, Mereka juga mengakui mengintai rumah yang ditinggal penghuninya dan mengcongkel dengan obeng," jelas Richo.

Keempat tersangka saat ini sudah diamankan di Mapolresta Padang untuk proses selanjutnya. Selain itu, selama pemeriksaan, para tersangka mengakui banyak mengambil barang yang beberapa diantaranya sudah dijual. Barang-barang yang diakui para tersangka sudah digasak yakni dua unit TV, dua unit Laptop, satu unit handphone, satu unit jam tangan merk Alexandre Cristy, uang tunai sekitar Rp1 juta. (*)

Reporter : Agoes Embun | Editor : Agoes Embun
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]