Yanuar Kiram Terpilih Jadi Rektor UNP


Selasa, 15 Mei 2012 - 02:35:00 WIB
Yanuar Kiram Terpilih Jadi Rektor UNP

PADANG, HALUAN – Prof. Dr Yanuar Kiram P.hil terpilih menjadi rektor Universitas Negeri Padang (UNP) periode 2012-2016. Dia menjadi pe­raih suara terbanyak dalam pemilihan yang digelar oleh Senat UNP dengan 43 suara. Rektor terpilih ini akan me­mangku jabatan­nya setelah masa jabatan rektor Z. Ma­war­di Effendi berakhir pada tanggal 14 Juli 2012 men­datang.

Sidang pleno yang digelar di gedung senat UNP, Senin (14/5) langsung dipimpin oleh rektor Z. Mawardi Effendi dihadiri oleh 70 orang anggota senat dan perwakilan Kemen­terian Pendidikan dan Kebu­dayaan  Prof. Dr. Supriadi Rustad.

Baca Juga : Realisasi PAD Bapenda Kota Padang Capai Rp98 Miliar pada Triwulan I

Yanuar Kiram men­yisih­kan dua saingannya yakni Prof. Dr. Syamsul Amar MS yang hanya memperoleh 39 suara dan Prof. Dr. Nizwardi Jalinus M.Ed yang mem­peroleh 25 suara.

Dalam pemungutan suara, se­luruh anggota senat mengisi hak suaranya dan tidak satu­pun suara yang abstain mau­pun batal. Dari keseluruhan, terdapat 107 suara dalam pemilihan rektor kali ini dengan penghitungan 70 suara berasal dari anggota senat, dan 37 suara berasal dari Prof Dr. Supriadi Rustad.

Baca Juga : Danau Cimpago Padang Dipenuhi Sampah Kiriman

“Penghitungan suara be­rasal dari 65 persen anggota senat dan 35 persen dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. Jadi untuk 35 persen dari kementrian tersebut diperoleh 37.69 suara dan dibulatkan 37 suara,” kata Z. Mawardi Effendi.

Dalam pidatonya, Z. Ma­wardi Effendi menyampaikan kepada rektor terpilih untuk memberikan nuansa yang baru di UNP dan mengejar prestasi untuk peningkatan mutu pendidikan di kampus yang mencegak calon guru ini.

Sementara itu, Yanuar Kiram mengatakan akan meneruskan program yang masih menjadi PR bagi UNP dan membuat beberapa ren­cana dalam gebrakan dunia pendidikan.

“kita akan meneruskan visi dan misi UNP sebagai salah satu universitas yang ter­kemuka dalam mencetak calon guru yang ber­kualitas. Karena itulah prioritas utama kita tetap dalam peningkatan mutu dan kualitas pendidikan,” katanya

Selain itu, ia berkomitmen untuk membangun fasilitas sarana dan prasarana UNP agar para maha­siswa men­dapatkan pelayanan untuk belajar lebih baik.

“kita akan segera mem­bangun fasilitas-fasilitas dengan teknologi yang canggih agar mampu men­dukung  proses belajar mahasiswa dengan bekerjasama dengan IDP,” tuturnya.  (h/ang)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]