FASILITAS BANDARA LABAN TERUS DILENGKAPI


Selasa, 20 November 2012 - 02:58:00 WIB
FASILITAS BANDARA LABAN TERUS DILENGKAPI

PASBAR, HALUAN — Harapan pemerintah bersama masyarakat Kabupaten Pasaman Barat akan hadir sekaligus beroperasinya Lapangan Terbang Pusako Anak Nagari (LTPAN) Kapa di Jorong Laban, Kenagari Kapa, Kecamatan Luhak Nan Duo, Pasaman Barat segera terwujud.

Ujicoba atau lebih dikenal dengan sebutan launching pengo­perasionalan Bandara Laban telah dilakukan beberapa bulan lalu. Pendaratan pertama di lapangan terbang asset sekaligus kebanggaan warga Pasaman Barat diikuti Bupari Baharuddin R, disambut kepala SKPD, tokoh masyarakat bersama undangan dengan khitmat.

Keberadaan LTPAN Kapa, bukan sebatas melengkapi struk­tur penunjang alat kelengkapan struktur penunjang suatu daerah. Kehadiran Bandara di Pasaman Barat sangat menunjang sukses sekaligus meningkatnya laju pertumbuhan ekonomi dan kian meningkatnya kesejahteraan masyarakat.

Baca Juga : Pemkab Agam Dorong Seluruh Nagari Bentuk Forum Anak

Sejalan hadir dan terus di­leng­kapinya fasilitas penunjang LTPAN, sebagai Bandara peme­rintah bersama masyarakat Pa­sa­man Barat, Selasa (13/11) lalu pihak Kantor Otoritas Bandara Wilayah VI Padang, sekaligus mewakili Direktorat Jenderal Perhubungan Udara, Kementerian Perhubungan RI, meninjau per­kem­bangan berbagai pemba­ngunan Bandara LTPAN Kapa.

Kehadiran tim Kantor Oto­ritas Bandara Wilayah VI Pa­dang, yang dipimpin Muhammad Nasir Usman, diikuti Kasubag TU, Joni Adri, Kabid Perhu­bungan Udara Dinas Perhubungan Ko­mu­nikasi dan Informatika Su­matera Barat, Herry Zulman. Kehadiran mereka di Simpang Ampek disambut Bupati Pasa­man Barat, diwakili Kepala Dinas Perhubungan dan Informasi setempat, Mardani.

Rombongan yang juga meli­bat­kan teknisi atas pemba­ngu­nan suatu bandara itu lang­sung menuju badara (LTPAN), me­lihat tahapan berbagai pem­bangunan sarana dan prasara­nanya. Dengan harapan untuk memaksimalkan kelayakan, keselamatan, pe­ngendalian dan pengaturan berbagai hal yang berkaitan dengan kualitas dan kuantitas pengoperasiannya nanti.

Disampaikan Muhammad Nasir Usman,Kementerian Perhu­bungan RI sangat menyambut baik kehadiran bandara milik Pemkab Pasaman Barat. Pihak­nya berjanji akan memper­hatikan, mengawasi dan mendu­kung percepatan pembangunan, sehingga keberadaannya menjadi pendukung utama Bandara Inter­nasional Minangkabau (BIM) di Padang.

Sebagai bukti nyata perha­tian Pemerintah Pusat atas berbagai aspek kehidupan masya­rakat dan perkembangan Pasbar. Pada Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) tahun 2013 telah dianggarkan bantuan untuk kelanjutan pembangunan Bandara PAN daerah setempat sekitar Rp4,5 miliar.

Dijelaskan Muhamad Nasir, sesuai perencanaan anggaran untuk pembangunan dan meleng­kapi fasilitas bandara akan diperuntukkan pembangunan perpanjangan landas pacu sepan­jang 200 meter x 23 meter, pembuatan drainase bagian kiri dan kanan landasan, sehingga landasan akan selalu awet.

Bupati, melalui Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Pasaman Barat, Mardani pada kesempatan itu menyampaikan, seiring perkem­bangan zaman, keberadaan LTPAN Kapa sangat efektif untuk perkembangan dan kema­juan Pasaman Barat ke depan.

Tidak hanya itu, pihaknya juga bakal memasukkan dokumen-dokumen yang berkaitan dengan Banadar PAN kedalam lembaran dokumen negara nantinya. untuk perpanjangan landas pacu 200 meter x 23 meter dengan drenase kiri kanan landasan 1000 meter. Sehingga landasan lebih awet awet.

Setelah bandara itu resmi beroperasi pihaknya juga bakal selalu inspeksi, bahkan akan menugaskan salah seorang petu­gas teknis di Pasbar. Sehingga operasi bandara lebih sempurna dan semakin lengkap, seperti alat komunikasi dengan pilot dan keperluan lainnya. (h/gmz)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]