PADANG DAN PADANG PARIAMAN JADI METROPOLITAN BARU


Senin, 29 Desember 2014 - 02:13:00 WIB
PADANG DAN PADANG PARIAMAN JADI METROPOLITAN BARU

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Kota Padang dan Padang Pariman di Provinsi Suma­tera Barat, dinyatakan sebagai dua dari lima kota metropolitan baru di luar Pulau Jawa, yang akan dikembangkan pemerintah pusat.

Hal itu termaktub dalam arah kebijakan dan strategis pembangunan perkotaan dalam Rencana Jangka Panjang Menengah Nasional 2015-2019, yang telah di­tetap­kan pemerintah.

Baca Juga : Pos Penyekatan Dinilai Efektif, Volume Kendaraan dari Jakarta Turun 53 Persen

Menurut Direktur Per­kotaan dan Perdesaan Ir Hayu Parasati, pemerintah pusat akan mengarahkan investasi di lima kawasan perkotaan metropolitan baru di luar Jawa. Kawasan tersebut adalah, Patungraya Agung, Kota Palembang, Sumatera Selatan, Kota Padang dan Padang Paria­man di Sumatera Barat, Kota Banjarmasin di Kali­man­tan Selatan, Kota Manado dan Mataram Raya, Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Dikatakan, kelima kota tersebut menjadi sasaran dan arah kebijakan RPJMN 2015-2019 Bidang Pem­bangunan Perkotaan. Dalam hal ini, sasarannya adalah pengembangan lima kawasan sebagai kota metropolitan baru di luar Pulau Jawa sebagai Pusat Kegiatan Nasional (PKN).

Baca Juga : Anies dan Zulkieflimansyah Pimpin Peta Elektabilitas Pilpres 2024

“Kota-kota ini diarahkan menjadi pusat investasi dan penggerak pertumbuhan ekonomi bagi wilayah sekitarnya untuk pemerataan pembangunan di luar Pulau Jawa,” ujar Hayu, baru-baru ini.

Sementara, 7 kawasan per­kotaan Metropolitan yang sudah ada ditingkatkan peran dan fungsinya sebagai perbaikan manajemen pembangunan sebagai pusat kegiatan berskala global.

Kawasan itu adalah, Jabo­de­tabek, Bandung, Semarang dan Surabaya, beserta daerah-daerah perkotaan di sekitarnya.

Selain itu juga akan ada pembangunan 10 kota baru serba lengkap dan terpadu di kawasan perkotaan untuk masyarakat berpenghasilan menengah ke bawah serta pengembangan sedikitnya 20 kota otonom di luar pulau Jawa.

Ketua Dewan Pengurus Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI), Vicky G.S. Lumentut, menya­takan untuk mewujudkan ini diperlukan komitmen kepala daerah. (hr/rio)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]