Hari Pertama, Sigulambai Lalap Satu Unit Rumah


Kamis, 01 Januari 2015 - 21:04:11 WIB
Hari Pertama, Sigulambai Lalap Satu Unit Rumah

AGAM, HARIANHALUAN.COM - Diduga akibat hubungan harus pendek, satu unit rumah di Kampuang Tanjuang, Nagari Garagahan, Kecamatan Lubukbasung,hangus dilalap sigulambai pada hari pertama di tahun 2015, Kamis (1/1) pukul 15.30 WIB.

Rumah dihuni oleh Ramaini (60) dan satu orang cucunya berusia 13 tahun. Mereka berhasil lolos dari peristiwa naas tersebut setelah berhasil dikeluar oleh masyarakat saat api sudah membakar rumah mereka.

Baca Juga : Antisipasi Curanmor saat Ramadan, Ini Imbauan Polda Sumbar

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Kabupaten Agam, Bambang Warsito didampingi oleh Kabid Daruratan dan Logistik, Rinaldi, mengatakan, rumah tersebut dihuni oleh tujuh orang. Pada saat kejadian hanya ditempati oleh Ramaini dan cucunya,  sementara lima orang lagi sedang berada di luar rumah.

Ia juga mengatakan, sebelum mobil pemadam kebakaran datang masyarakat telah berupaya untuk memadamkan api terlebih dahulu. Lokasi kebakaran terdiri dari pemukiman padat namun BPBD berhasil menjinakkan api sebelum menjalar kepada bangunan yang lain.

Baca Juga : Berkunjung ke Sumbar, Doni Monardo Minta Perantau Lebaran Virtual

“Api berhasil dipadamkan oleh barisan pemadam kebakaran BPBD Kabupaten Agam lebih kurang dalam waktu setengah jam. Dalam menjinakkan api kita mengerahkan dua unit mobil pemadam kebakaran dengan menurunkan lebih kurang 15 orang personil pemadam kebakaran,” ungkapnya.

Bambang mengatakan, berapa jumlah pasti kerugian yang diderita oleh korban belum bisa dipastikan. Kejadian ini merupakan kali pertama dalam tahun 2015. Ia meminta agar masyarakat untuk senantiasa menghindari apa saja yang bisa memicu kebakaran.

Baca Juga : Pengurus DPD Ikadin Sumbar Dilantik, Siap Lahirkan Hotman Paris dari Minang

“Bencana kebarakan bisa dihindari dengan cara selalu berhati-hati. Kadang masyarakat lalai, dan tidak menyadari perbuatannnya bisa menyulut kebakaran. Jangan sekali-kali meninggalkan kompor dalam keadaan hidup saat memasak, perhatikan dalam meletakan lilin maupaun obat nyamuk, perbaiki intalasi listrik yang sudah lama,” ungkapnya. (h/yat)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]