Awal Tahun Pasar Raya Sepi


Kamis, 01 Januari 2015 - 21:08:44 WIB
Awal Tahun Pasar Raya Sepi

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Pasca memperingati pergantian tahun baru, kondisi Pasar Raya Padang sepi. Kondisi ini berbanding terbalik, sehari sebelum pergantian tahun baru.

Dari pantauan Haluan di lapangan, Kamis (1/1) pukul 10.50 WIB, para pedagang banyak yang bermenung sambil menatap dan berharap para pejalan kaki yang lewat membeli dagangannya, namun para pejalan kaki yang melintasi sepanjang Jalan Permindo tersebut hanya lewat dan tidak banyak yang berbelanja.

Baca Juga : Ada Pos Pelayanan Prokes di Pasar Raya Padang

Salah seorang pedagang Anis (55) pedagang buah musiman yang ada di Pasar Raya Padang mengaku, bahwa sejak ia mengelar dagangannya sekitar pukul 08.30 WIB, baru tiga orang yang mampir berbelanja di tempatnya.

“Hari ini sepi sekali. Mungkin karena orang masih tidur kali ya, tapi alhamdulillah sudah ada yang beli tiga orang tadi,” ungkapnya sambil memanggil setiap orang yang lewat di depan dagangannya.

Baca Juga : Jadwal Pendaftaran CPNS 2021 di Padang Belum Jelas

Ia mengaku, satu hari sebelum pergantian malam tahun baru penjualannya lumayan banyak, bahkan pada malam tahun baru berjualan hingga pukul 22.00 WIB. Padahal, kalau hari biasa ia hanya berjualan sampai Magrib.

Sementara itu, para pedagang ikan dan sayuran yang ada di dalam ribut memanggil setiap pembeli yang lewat di depannya, sambil menawarkan ikan dangannya. Begitu juga dengan pedagang sayur banyak yang bermenung me­nunggu para pembeli menawar dagangannya.

Baca Juga : Dilepas Rektor UIN IB Padang, Jenazah Masnal Zajuli Dimakamkan di Tanah Datar

Pemandangan yang tidak jauh berbeda, juga tampak pada pedagang sendal, sepatu dan tas yang ada di sepanjang Jalan Permindo, bahkan ada beberapa toko dan lapak yang tampak tidak dibuka.

“Absennya beberapa pedagang di kawasan Permindo, sudah sejak seminggu yang lalu. Karena ada perbaikan dan pembuatan trotoar untuk pejalan kaki. Sekarang juga banyak yang tutup, karena hari ini (ke­marin,red) pembeli juga sepi. Kemungkinan orang ma­sih tidur di rumahnya habis merayakan malam tahun ba­ru,” ujar Desi, salah seorang pemilik toko yang ada di Permindo.

Baca Juga : Hendri Septa Serahkan Paket Sembako untuk Warga Sekitar TPA Air Dingin

Menurutnya, sejak adanya pengerjaan trotoar dan jalan di kawasan Permindo memang banyak pedagang yang absen berjualan. Mungkin, karena para pedagang yang absen tersebut berada pada jalur yang dilarang. (h/mg-rin)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]