Pedagang Diminta Jaga Kebersihan


Kamis, 01 Januari 2015 - 21:09:14 WIB

“Kita ingin melihat bagai­mana penerapan Perda ini di kawasan Pantai Padang. Kita tidak ingin kawasan pantai yang sudah ditetapkan sebagai kawasan bebas sampah masih terlihat ada sampah berserakan,” ujarnya.

Dikatakannya, pihaknya tidak main-main dalam penegakan perda. Juga tidak pandang bulu, termasuk pedagang. Jika melanggar, akan diproses sesuai aturan. Dia juga meminta kepada pedagang agar tidak berjualan di median Jalan Samudera dan di kiri-kanan Jembatan Muaro Lasak.

“Bagi yang melanggar akan diberikan sanksi,” tegasnya.

Dalam sidak ini Walikota didampingi oleh beberapa pimpinan SKPD, di antaranya Asisten I, Wedistar, Kadis DKP, Afrizal Khaidir, Kadisbudpar, Dian Fakri, Kasatpol PP, Andree Algamar dan Camat Padang Barat, Arffian.

Usai sidak pedagang pantai, Walikota meninjau saluran air Rusunawa Purus yang tersumbat dan goro bersama petugas DKP di Pantai Padang.

Pantai Kotor, Bak Sampah Penuh

Sampah bertebaran di ma­na-mana, pasca perayaan ma­lam tahun baru di sepanjang pantai di Kota Padang. Aroma tidak sedap dari sampah yang didominasi sampah makanan dan bekas petasan membuat sejumlah warga yang melewati pantai di pagi hari mengeluh dengan kondisi Pantai Padang.

Pantauan Haluan, Kamis (1/1) sekitar pukul 07.00 WIB, sampah berserakan di sepanjang pantai dan jalan raya, mulai dari depan kantor Dinas Pariwisata hingga Jembatan Baru Purus. Hanya beberapa petugas kebersihan yang terlihat sedang membersihkan sampah sisa perayaan pergantian tahun.

Salah seorang warga yang hendak berolahraga di depan Taman Budaya, nampak hanya berjalan kaki saja sambil menutup hidung. “Bagaimana mau jogging, udara juga nampak tidak bersih. Saya urungkan saja niat jogging,” ujar warga tersebut.

Zainal, warga lainnya yang ditemui di dekat Danau Cimpago juga mengungkapkan kumuhnya lokasi danau pasca perayaan tahun baru. “Sampah di mana-mana, bahkan bak sampah di depan rumah susun sederhana sewa (Rusunawa) sudah tumbah ruah, baunya busuk sekali,” ucap Zainal yang merupakan warga Purus.

Kemudian berlanjut hingga sore hari (kemarin,red). Terlihat sampah yang tadinya bertebaran, sebagian sudah ada yang ditumpuk di tempat-tempat tertentu, namun bukan di tempat sampah. Hal itu dikarenakan kurangnya ketersediaan bak sampah di sepanjang pantai. Padahal warga, terutama pedagang sangat mengharapkan bak sampah ditambah dengan jarak berdekatan.

Rini (35), salah seorang pedagang makanan mengutarakan keresahannya atas minimnya ketersediaan bak sampah di sepanjang pantai. “Sampah sudah melimpah-limpah di bak, kemana lagi mau buang sampah. Kita disuruh menjaga kebersihan, tapi bak sampahnya kurang. Heran, bak sampah saja susah sekali disediakan,” ledak Rini.

Sementara itu, beberapa warga terlihat berisiatif mengumpulkan sampah, terutama para pedagang. Ada yang sekedar mengumpulkan pada titik tertentu, namun ada juga sebagian yang langsung membakar sampah yang dikumpul. Namun yang menarik, terlihat beberapa anggota Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) ikut memunguti dan mengumpulkan sampah untuk dibakar. (h/rel/vie/mg-isq)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com


[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 24 Januari 2020 - 21:12:36 WIB

    Wako Mahyeldi Fasilitasi Pedagang Loak di Padang Teater Agar Kembali Berdagang

    Wako Mahyeldi Fasilitasi Pedagang Loak di Padang Teater Agar Kembali Berdagang PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah memfasilitasi sejumlah pedagang loak di lantai II kawasan Padang Teater Pasar Raya Padang agar kembali berdagang seperti sedia kala..
  • Rabu, 23 Oktober 2019 - 15:41:32 WIB

    Tumbuhkan UMKM, Padang Night Market Akan Berdayakan 100 Pedagang

    Tumbuhkan UMKM, Padang Night Market Akan Berdayakan 100 Pedagang PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Setidaknya akan ada 100 pedagang yang akan ikut dalam Permindo Night Market yang akan mulai dilaksanakan pada 2 November 2019 mendatang. Pedagang yang akan mengisi terdiri dari berbagai jenis dagan.
  • Ahad, 06 Oktober 2019 - 16:29:08 WIB

    100 Pedagang Akan Isi Pasar Kuliner Malam di Permindo

    100 Pedagang Akan Isi Pasar Kuliner Malam di Permindo PADANG, HARIANHALUAN.COM - Jika tidak ada aral melintang, mulai bulan depan kawasan Permindo akan dijadikan pasar kuliner di malam hari. Rencana tersebut akan dimulai setiap Sabtu dengan menutup jalan mulai pukul 19.00 WIB..
  • Selasa, 20 Agustus 2019 - 20:36:37 WIB

    Puluhan Pedagang Ikan Pantai Padang Dipindahkan Sementara

    Puluhan Pedagang Ikan Pantai Padang Dipindahkan Sementara PADANG, HARIANHALUAN.COM- Selama pengerjaan pedestrian kawasan Pantai Padang, puluhan pedagang ikan terpaksa dipindahkan ke depan. Pemindahan dilakukan untuk memudahkan aktivitas perdagangan..
  • Senin, 17 Juni 2019 - 17:45:06 WIB

    Jalan Sandang Pangan Harus Bersih dari Pedagang

    PADANG, HARIANHALUAN.COM - Kepala Dinas Perdagangan Endrizal menargetkan bahwa Jalan Sandang Pangan harus bersih dari pedagang. Namun, ada dua jenis dagangan yang dikecualikan mengingat kondisi dan situasinya..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM