Bupati Canangkan Gerakan Tanam Pohon Satu Miliar


Ahad, 04 Januari 2015 - 19:14:28 WIB
Bupati Canangkan Gerakan Tanam Pohon Satu Miliar

GPTPP didasari oleh  Ke­pu­tusan Presiden Republik Indonesia Nomor 24 tahun 2008 tentang Hari Menanam Pohon Indonesia.

Menurut ketua panitia ke­giatan, Tri Handoyo, yang juga Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan Solsel, digelarnya pelaksanaan gerakan pena­naman 1 miliar pohon tersebut adalah sebagai sarana edukasi, peningkatan kepedulian, ke­mam­puan dan kemandirian seluruh masyarakat Solsel akan pentingnya menanam dan memelihara pohon.

Baca Juga : Denda Tak Patuh Prokes di Sumbar Capai Puluhan Juta Rupiah, Untuk Apa Ya?

Selain itu, dengan Gerakan Penanaman Satu Miliar Po­hon, diharapkan mampu  me­nambah tutupan lahan dan hutan guna mencegah longsor dan banjir dimusim hujan, serta penyediaan bahan baku industri pengolahan kayu, pangan dan dapat menyerap karbon dioksida (CO2).

Sementara itu, Muzni Za­karia berharap kepada seluruh SKPD di lingkup Pemkab Solsel, BUMN, BUMD, BUMS, Perguruan Tinggi, LSM, Organisasi Wanita, Ca­mat, Wali Nagari dan seluruh lapisan masyarakat, untuk menindaklanjuti pencanangan yang telah dilakukannya, yakni dengan melaksanakan gerakan penanaman pohon di wilayah masing-masing.

“Menanam pohon mem­punyai banyak manfaat, antara lain menambah tutupan lahan, mencegah terjadinya bencana banjir, longsor di musim hujan, kekeringan dan kebakaran di musim kemarau, konservasi keanekaragaman hayati, pe­nyerapan karbondioksida di atmosfir untuk antisipasi dam­pak perubahan iklim dan ikut berpartisipasi terhadap kebu­tuhan pangan, energi dan keter­sediaan air untuk kesejahteraan masyarakat,” ujar Muzni.

Muzni menuturkan, dampak pemanasan global yang nyata yaitu terganggunya ekosistem, kondisi cuaca ekstrim, terganggunya system tata air daerah aliran sungai, serta ancaman terjadinya bencana alam banjir, tanah long­sor, kekeringan dan ter­ganggunya ketahanan pangan nasional.

Hadir dalam kegiatan ter­sebut, Anggota DPRD Solsel Solikhin, Kapolres Solsel AKBP Ahmad Basahil, Kajari Padang Aro E. Nurhidayat, Dandim 0309 Solok yang di­wakili Perwira Penghubung Mayor N. Andri, Sekda Solsel Yulian Efi, Ketua TP-PKK Solsel Suriati Muzni Zakaria, Ketua IKA DPRD, Ketua DWP Solsel, dan pimpinan perusahaan yang berada di Solsel, serta Kepala SKPD. (h/dib)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]