Pembangunan Rel Duku – BIM Tersandung Pembebasan Lahan


Ahad, 04 Januari 2015 - 19:32:32 WIB

“Kita berharap pembebesan lahan ini bisa segera diselesaikan supaya pengerjaan rel Duku - BIM ini bisa segera dimulai,” harap Amran.

Lebih lanjut diucapkannya, bahwa untuk pembebasan lahan Dishubkominfo menganggarkan Rp10 miliar pada tahun 2015 ini.

“Pada tahun 2014 lalu kita menganggarkan sekitar Rp7 miliar untuk pembebasan lahan ini. Namun, hanya sekitar Rp2 miliar saja yang terealisasi,” jelasnya.

Selain pembebasan lahan, saat ini Dishunkominfo tengah melakukan perundingan dengan pihak Angkasa Pura untuk menentukan titik lokasi stasiun yang akan segera dibangun.

“Kami masih berunding terkait penentuan titik stasiun ini, apakah akan langsung berada di dalam ruang tunggu atau tetap berada di luar. Ini masih jadi pembahasan,” terangnya.

Sebelumnya, Sumbar mendapat alokasi dana dari pemerinta pusat sebesar Rp67 miliar untuk jalur kereta api Duku menuju BIM. Namun pembangunan tersebut masih terkendala karena belum tuntasnya pembebasan lahan sepanjang 4,2 km.

Pemerintah pusat menyetujui pembangunan jalur kereta api Duku-BIM itu dalam Musrenbang Nasional yang dihadiri seluruh kepala daerah, baik gubernur maupun bupati/walikota di Jakarta.

Sedangkan persoalan ganti rugi bangunan milik masyarakat dibicarakan dengan masyarakat setempat bersama Tim Sembilan yang terdiri dari Pemkab Padang Pariaman, tokoh masyarakat setempat dan pihak terkait lainnya.  (h/mg-isr)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM