Olahraga Tingkatkan Performa Kerja


Senin, 05 Januari 2015 - 18:15:45 WIB
Olahraga Tingkatkan Performa Kerja

Penelitian meng­indi­kasikan bahwa kekuatan mental berkaitan langsung dengan fisik yang berimplikasi pada performa kerja. Tidak hanya itu, kemampuan kognitif Anda pun dapat meningkat dengan berolahraga secara teratur.

Baca Juga : Cara Memperbaiki Kesehatan Keuangan Pasca Lebaran

“Olahraga terbukti bermanfaat dalam performa Anda di kantor, seperti meningkatkan konsentrasi, mempertajam ingatan, mem­percepat proses belajar, meningkatkan stamina mental, memperkaya kreativitas, dan mengurangi stres,” kata psikolog sosial Ron Friedman PhD.

Di samping itu, Friedman menjelaskan, olahraga juga dapat meningkatkan mood bekerja, ini tentunya sangat penting bagi performa Anda di kantor.

Baca Juga : Berniat Beli Emas Usai Lebaran? Ini Cara Cek Emas Asli dan Palsu

Selain itu, ada juga studi yang menemukan bahwa jika Anda melakukan olahraga kecil selama jam kerja, bisa membuat konsentrasi dan fokus kian tajam sehingga pekerjaan dapat terselesaikan dengan cepat serta tepat.

Leeds Metropolitan University meneliti pengaruh latihan pada hari kerja di kalangan karyawan di perkantoran yang memiliki akses ke gym. Pada hari-hari di mana karyawan pergi ke gym, ternyata performa kerja mereka membaik dan meningkat.

“Mereka menjadi lebih produktif, mampu mengelola waktu secara efektif, dan berinteraksi lebih luwes dengan rekan kerja. Saat jam pulang kantor, mereka pulang ke rumah dengan penuh kepuasan,” jelas Friedman.

Salah satu cara sederhana berolahraga di sela-sela hari kerja yang padat menurut Friedman adalah terlebih dahulu mengidentifikasi jenis aktivitas yang paling nyaman menurut Anda.

Jika Anda senang tenis, berenang, menari atau bahkan menabuh drum, lakukanlah aktivitas itu secara teratur. (h/kfm)


Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]