Koto Hilalang Ditetapkan Sebagai Nagari Wisata


Senin, 05 Januari 2015 - 18:17:50 WIB
Koto Hilalang Ditetapkan Sebagai Nagari Wisata

Seperti kesenian asli anak nagari dan budaya adat istiadat setempat, yang dikemas men­jadi paket wisata spesifik unik lagi menarik bagi wisatawan lokal dan mancanegara yang berkunjung ke Kabupaten Solok.

Baca Juga : Kapal Ramadan Mentawai Antarkan Bantuan 10 Ton Pangan dan Logistik

“Kehidupan asli anak na­gari setempat yang misalnya ingin dilihat dan dirasakan langsung oleh wisatawan yang berkunjung ke nagari Destinasi Wisata Kampung Tradisi itu diantaranya adalah merasakan tidur didalam Rumah Gadang milik masyarakat setempat,” katanya.

Ia menyebutkan, saat para wisatawan ikut tidur menginap di dalam Rumah Gadang war­ga. Para wisatawan tersebut juga harus mengikuti dan men­taati adat istiadat asli ma­syarakat setempat yang berlaku dan sesuai dengan aturan hu­kum adat di nagari itu.

Baca Juga : SKB 3 Menteri tentang Seragam Sekolah Resmi Dibatalkan, Ketua LKAAM Sumbar: Negeri Ini Masih Punya Keadilan

Selain bisa merasakan lang­sung tidur di dalam Rumah Gadang milik masyarakat, katanya, para wisatawan juga bisa melihat langsung bagai­mana masyarakat asli setem­pat, seperti membajak sawah menggunakan jasa hewan ker­bau atau sapi yang tak bisa dijumpai di kota-kota besar dimana para wisatawan itu berdomisili.

Kesenian tradisionil anak nagari Koto Hilalang lainya yang sudah lama tak dipen­taskan kini mulai ditum­buh­kembangkan lagi adalah kese­nian Tupai Janjang, katanya.

Di mana kesenian Tupai Janjang ini dimainkan oleh para tetua adat di nagari setem­pat yang ditampilkan pada momen-mo­men tertentu saja dengan mema­kai baju kostum dinamakan “Galembong” ber­warna hitam-hitam, yang mi­rip dengan pakaian kesenian Randai.

“Kesenian Tupai Janjang yang diiringi suara teriakan olah vokal para penarinya secara bervariasi itu me­nyam­paikan pesan-pesan tentang adat dan nilai-nilai dakwah agama atau bahkan pesan pe­me­rintahan yang berkaitan dengan program pemba­ngu­nan yang sedang digalakan kepada masyarakat,” terang­nya.

Yang pasti, imbuhnya, jaja­ran pemerintahannya sebagai kepanjangan tangan Peme­rintah Kabupaten (Pemkab) Solok akan senantiasa mem­beri dukungan dan bimbingan serta pembinaan kepada ma­syarakat di nagari-nagari di wilayah itu.

Seperti kegiatan acara pen­tas seni dan budaya yang dige­lar di Nagari Koto Hilalang ini diantaranya ada tari randai, tari penguin dan sebagainya, yang penarinya adalah ibu-ibu dari bundo kanduang setempat, pemudi dan juga anak-anak. Yang kemudian dirangkai de­ngan peresmian Sanggar Na­gari Koto Hilalang yang ber­nama Molah Basamo.

Selain itu juga ada tari randai yang disuguhkan oleh masyarakat nagari lainya se­perti dari Nagari Koto Baru dan Sungai Lasi, dalam rangka mengisi liburan dan menggali potensi anak nagari. (h/ans)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]