Sumbar Siap Swasembada Pangan


Selasa, 06 Januari 2015 - 18:40:01 WIB

Demikian dikatakan Danrem 032/Wirabraja Brigjen TNI Widag­do Hendro S, ketika beraudensi dengan Dinas Pertanian, Peter­nakan dan Perikanan seluruh Sum­bar, serta jajaran Korem 032/Wirabraja di Gedung Makorem 032/Wirabraja, Selasa (6/1).

Dikatakan Widagdo Hendro S, upaya mewujudkan ketahanan pangan sangat penting, karena ketahanan pangan merupakan sa­lah satu tolok ukur kekuatan nega­ra. Dengan ketahanan pangan, maka secara tidak langsung akan menin­gkatkan ketahanan nasional. De­mikian juga apabila ketahanan pangan lemah, maka kedaulatan dan stabilitas negara bisa terganggu, bahkan dapat dikatakan bahwa suatu negara belum berdaulat apabila persediaan pangannya masih tergantung dari negara lain.

Untuk wilayah Sumbar, kata Widagdo, pihaknya sudah siap untuk melakukan swasembada pangan. Mulai minggu depan, pi­hak­nya sudah siap untuk per­con­tohan pembuatan padi, jagung, perikanan dan peternakan.

“Kita akan buat di 10 titik di wilayah Sumbar dan kita datangkan warga dari Jawa, yang telah berhasil di sana (Jawa,red) dengan men­capai rata-rata satu hektare sekitar 10 ton,” jelasnya.

Widagdo berharap dengan di­ban­tu warga dari Jawa ini bisa menghasilkan lebih bagus, sehingga target pada tahun 2015 sebesar 500 ribu ton bisa tercapai hingga sampai tahun 2017 mencapai 3 juta ton.

“Kita sama-sama bergerak, antara TNI AD, Dinas Pertanian, Peternakan dan Perikanan, serta akadimisi (Unand, Unes, dan Ta­mam Siswa (Tamsis)) bergabung de­ngan kelompok tani untuk men­capai hasil ketahanan pangan tahun 2015 hingga 2017,” ung­kapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Djoni mengatakan, pi­hak­nya optimis atas pencapaian target hingga tahun 2017. “Dari 500 ribu ton tersebut dibagi tiga, yakni pada tahun 2015 sebesar 100 ribu ton, pada tahun 2016 penam­bahan­nya 200 ribu ton, kemudian pada tahun 2017 sebesar 200 ribu ton,” ujarnya.

Dalam ketahanan pangan di seluruh wilayah Sumbar, kata Djo­ni, semua kabupaten/kota terlibat dan akan difasilitasi. “Kita sudah mengadakan rapat keseluruhan kabu­paten/kota Sumbar dan se­muanya membantu dalam keta­hanan pangan di Sumbar,” ung­kapnya. (h/rel/eni)





Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 23 September 2019 - 17:41:33 WIB

    326 Siswa SLB se-Sumbar Ikuti Lomba LKSN

    326 Siswa SLB se-Sumbar Ikuti Lomba LKSN PADANG, HARIANHALUAN.COM - Sebanyak 326 siswa Sekolah Luar Biasa (SLB) dari 19 Kab/Kota di Sumbar mengikuti Lomba Keterampilan Siswa Nasional (LKSN) SLB, Minggu-Selasa (22-24/9). .
  • Jumat, 30 Agustus 2019 - 11:07:13 WIB

    PLN Sumbar Kembali Sumbang Kontainer Sampah ke Pemko Padang

    PLN Sumbar Kembali Sumbang Kontainer Sampah ke Pemko Padang PADANG, HARIANHALUAN.COM - Dalam rangka peringatan Hari Lingkungan Hidup di tingkat Kota Padang Tahun 2019, PT PLN UIW Sumbar turut serta berkontribusi dengan penyerahan CSR dalam bentuk kontainer sampah kepada Dinas Lingkung.
  • Selasa, 20 Agustus 2019 - 22:04:37 WIB

    Semarak dan Meriah, BKKBN Sumbar Peringati Hari Remaja Internasional

    Semarak dan Meriah, BKKBN Sumbar Peringati Hari Remaja Internasional PADANG, HARIANHALUAN.COM- Dalam memperingati hari remaja internasional, BKKBN provinsi Sumbar melakukan Promosi Pendewasaan Usia Perkawinan (PUP) pada "Hari Remaja Internasional” dengan tema “Its Time to Action And Achie.
  • Senin, 08 Juli 2019 - 21:01:56 WIB

    Kurangi Fatalitas Kecelakaan, Kapolda Sumbar Bagikan Helm Gratis

    Kurangi Fatalitas Kecelakaan, Kapolda Sumbar Bagikan Helm Gratis PADANG, HARIANHALUAN.COM-Guna mengurangi dampak kecelakaan, Kepolisian Daerah (Polda) Sumbar membagi helm gratis bagi tukang ojek dan pengendara motor di berbagai tempat di Kota Padang. Kegiatan ini juga dalam menyambut dan m.
  • Kamis, 20 Juni 2019 - 23:11:55 WIB

    Dinas ESDM Sumbar: Tambang Pasir Muara Surantiah Ilegal

    Dinas ESDM Sumbar: Tambang Pasir Muara Surantiah  Ilegal PAINAN, HARIANHALUAN.COM – Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Sumbar memastikan bahwa aktivitas penambangan pasir dan kerikil di Muara Surantih, Pesisir Selatan sejak dua tahun belakangan sebagai aktivitas ilegal. Sela.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM