RSUD Mesti Utamakan Layanan, Bukan PAD


Selasa, 06 Januari 2015 - 18:40:59 WIB
RSUD Mesti Utamakan Layanan, Bukan PAD

Menurutnya meski barbagai penghargaan di bidang kesehatan  tingkat nasional sudah diterima provinsi dan kabupaten/kota di Su­ma­tera Barat, namun pelayanan kesehatan masih perlu ditingkatkan lagi.

Baca Juga : Selama Larangan Mudik, Sebanyak 300 Kendaraan Disuruh Putar Balik di Sumbar

Bila dibandingkan dengan daerah lain di Indonesia, pelayanan kesehatan Sumatera Barat, masih berada di kisaran 20 besar.  Rendahnya mutu pelayanan itu disebabkan infrastruktur kesehatan daerah ini  sangat minim. Sehingga banyak masyarakat yang membutuhkan penanganan di rumah sakit tidak maksimal.

“Tingkat kesehatan masyarakat Sumatera Barat dibandingkan daerah lain di Indonesia, jujur saya katakan masuk urutan 20 besar. Kita ketinggalan di bidang promotif, preventif dan kuratif.  Apalagi bidang rehabilitatif, kita kekurangan peralatan medis dan penunjang. Kita sangat kekurangan dokter spesialis,” katanya.

Baca Juga : Dibangun dalam Waktu Sangat Singkat, Masjid Ihsan Sungai Patai Sudah Dibuka

Mantan Walikota Padang Panjang dua periode ini, juga menyayangkan, banyaknya kepala daerah yang tidak paham tentang tanggung jawabnya terhadap kesehatan masya­rakat. “Malah ada kepala daerah yang me­nganggap rumah sakit sebagai sumber pen­dapatan daerah (PAD-red),” ujar Anggota Komisi yang membidangi tenaga kerja, transimigrasi, kependudukan dan kesehatan ini menyebutkan.

“Sebagai contoh, penyakit  jantung, paru dan ISPA dominan di Sumatera Barat. Sangat sedikit kepala daerah yang mengerti bahwa penyebab utama penyakit  paru, jantung koroner dan ISPA itu adalah rokok. Sehingga mereka masih mengabaikan tertib rokok di daerah mereka,” kata dokter yang sukses di jalur politik tersebut.

Menyinggung jaminan kesehatan yang masih terasa berat bagi sebahagiaan  masya­rakat, Suir Syam memberikan pendapat. Saat ini banyak masyarakat  kurang mampu tidak mendapat BPJS. “Saya sarankan  Jamkesda dan JKMPP dan sejenisnya di Sumbar diteruskan dan dijadikan BPJS dengan premi  biaya Pemda. Nanti secara bertahap preminya itu dialihkan pada masyarakat,” saran Ketua DPD Gerindra Sumbar ini mengakhiri. (h/one)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]