Nama Batu Lumuik Kandih Akan Dipatenkan


Selasa, 06 Januari 2015 - 19:30:59 WIB
Reporter : Tim Redaksi

“Saya meminta Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) untuk segera mematenkan batu Lumuik Kandih. Karena jika batu Lumuik Sungai Dareh sudah terlalu jauh dikenal oleh orang, maka susah untuk mengenalkan nama Lumuik Kandih,” ujarnya saat diwawan­carai Haluan usai meresmikan pameran pembangunan dan kerajinan tangan di depan kantor bupati setempat, Selasa (6/1). Pada pameran tersebut terdapat semua stand SKPD dan instansi di Solsel.

Muzni menjelaskan, batu Lu­muik Kandih berasal dari Bukit Kandih di Solsel. Di bukit itu terdapat berbagai jenis batu Lumuik Kandih, yang kemudian dijual di Solsel mau pun di luar Solsel, namun disebut oleh orang sebagai Lumuik Sungai Dareh. Hal inilah, kata Muzni, yang membuat dirinya tidak senang, karena sumber daya asal Solsel disebut orang dari Sungai Dareh Dharmasraya.

Kata Muzni, tujuan utama mema­tenkan nama Lumuik Kandih terse­but, hanya pintu masuk untuk mempromosikan Solsel agar orang luar datang untuk berkunjung ke kabupaten itu, tidak hanya untuk mencari batu mulia, namun untuk mengenal potensi lain yang terkan­dung di Solsel sepert pariwisata, budaya dan sebagainya.

Meski dunia sudah mengenal nama Lumuik Sungai Dareh, bah­kan sudah dipakai oleh mantan Presiden SBY dan Presiden AS Barack Oba­ma, namun Muzni optimis nama Lumuik Kandih bisa dikenal oleh masyarakat sebagai batu mulia asal Solsel.

Sementara itu, Kepala Disko­perindag Solsel, Akhirman menga­takan, pihaknya akan mem­proses pamatenan nama tersebut dalam waktu dekat ke Kementerian Perin­dustrian, dan Kementerian Hukum dan HAM.

Selama ini, rencana untuk mema­tenkan nama Lumuik Kandih hanya wacana. Namun kali ini pihaknya akan merealisasikan rencana terse­but. Pihaknya akan segera mem­proses hal tersebut, setelah kesi­bukan menyambut HUT Solsel yang ke-11 selesai. “Pematenan nama ini ada pematenan produk dan lokasi. Mung­kin yang akan dipantenkan adalah lokasi asal batu ini,” sebutnya.

Akhirman menambahkan, sete­lah nanti dipatenkan, pihaknya akan mempromosikan dan me­nyo­sia­lisasikan nama Lumuik Kandih melalui pameran-pameran, sehingga terkenal. (h/dib)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 25 Januari 2019 - 10:08:34 WIB

    Ganti Nama BIM Kuras Energi, Wagub: Lebih Baik Pikirkan Nama Main Stadium

    Ganti Nama BIM Kuras Energi, Wagub: Lebih Baik Pikirkan Nama Main Stadium PADANG, HARIANHALUAN.COM — Usaha Pemkab Padang Pariaman mengusulkan penggantian nama Bandara Internasional Minangkabau (BIM) dikhawatirkan hanya akan menguras energi. Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit menilai, nama Syekh .
  • Rabu, 26 Desember 2018 - 17:46:58 WIB

    Penggantian Nama BIM Kembali Diapungkan

    Penggantian Nama BIM Kembali Diapungkan PADANG PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM – Bupati Padang Pariaman, Ali Mukhni berencana mengganti nama Bandara Internasional Minangkabau (BIM) menjadi Bandar Udara Internasional Syehk Burhanuddin. Langkah itu katanya, untuk menjun.
  • Kamis, 30 Agustus 2018 - 14:12:08 WIB

    Nama Sekdaprov Sumbar Menunggu Hasil dari Kemendagri

    Nama Sekdaprov Sumbar Menunggu Hasil dari Kemendagri PADANG, HARIANHALUAN.COM - Panitia Seleksi (Pansel) Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sumbar masih menunggu Tim Penilai Akhir (TPA) Kemendagri mengeluarkan satu nama calon yang lolos untuk dilantik menjadi Sekdaprov Sumb.
  • Rabu, 18 Juli 2018 - 10:38:13 WIB

    Jika Tidak Ada Tindakan Nyata Minangkabau Bisa Tinggal Nama

    Jika Tidak Ada Tindakan Nyata Minangkabau Bisa Tinggal Nama PADANG, HARIANHALUAN.COM–Minangkabau hari ini, makin mengkhawatirkan. Karakter dan nilai-nilai dasar yang tertuang dalam ABS-SBK, kian pudar di tengah-tengah masyarakat. Jika 10-20 tahun ke depan tidak ada juga tindakan nya.
  • Jumat, 01 Juni 2018 - 12:19:55 WIB

    Bupati Usulkan Perubahan, Wagub: Tak Mudah Ganti Nama BIM

    Bupati Usulkan Perubahan, Wagub: Tak Mudah Ganti Nama BIM PADANG, HARIANHALUAN.COM—Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit menilai, pengusulan mengubah nama Bandara Internasional Minangkabau (BIM), sebagaimana diupayakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Padang Pariaman, bukan perkara mudah.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM