Wabup Bantu Nelayan Ikan Bilih Rp 473 Juta


Rabu, 07 Januari 2015 - 18:19:38 WIB
Wabup Bantu Nelayan Ikan Bilih Rp 473 Juta

Hadir pada kesempatan tersebut Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Elizabet, Camat  Batsel Elvi Sandri  anggotaMuspika, wali nagari selingkar Danau Singkarak dan para nelayan yang menerima bantuan.

Baca Juga : Dinkes Pesisir Selatan Ungkap Pentingnya Edukasi Prokes bagi Anak

Bantuan yang diserahkan Wabup Irdinansyah Tarmizi berupa 1 unit  rumah pengolahan ikan berlokasi di Jorong Baing, 2 Unit Reservat beserta Rumpon berlokasi di Nagari Padang Laweh dan Nagari Simawang, 21 unit perahu tanpa motor, 30 unit jaring Gilnet 3 inchi untuk nelayan selingka Danau Singkarak Kecamatan Batipuh Selatan dan Rambatan.

Wabup Irdinansyah ber­harap bantuan yang diserahkan ini akan dapat membantu pere­konomian masyarakat saling­ka Danau Singkarak, khusus­nya nelayan, pengolah ikan dan pemasar hasil perikanan.

Baca Juga : Bantu Perekonomian Masyarakat Lagan Pesisir Selatan, 50 Keluarga Terima BLT

Menurut Irdinansyah, di Danau Singkarak terdapat 19 jenis ikan, di mana salah satunya adalah ikan bilih yang memiliki nilai ekonomi tinggi,  satu-satunya di dunia yang terdapat di Danau Singkarak.

Sejak tahun 2003 peneliti dari Kementerian Kelautan dan Perikanan mencoba mengintroduksikan ke Danau Toba, di mana masyarakat di sana menyebut ikan pora-pora. Ternyata ikan bilih tersebut berkembang biak di Danau Toba dan ukurannya lebih besar dari ikan bilih yang ada di Danau Singkarak.

Nelayan Selingkar Danau Toba menangkap ikan dengan alat tangkap yang selektif, mata jaring lebih dari 1 inchi, tidak memakai bom, sentrum, racun dan tidak menangkap ikan bilih pada saat memijah atau bertelur di muara-muara sungai. Sementara di Danau Singkarak yang terjadi sebaliknya, malahan sudah ada pula jenis alat tangkap baru, yaitu bagan.  Alat ini mengancam kelestarian ikan khususnya ikan bilih karena ukuran mata jaringnya sangat kecil. (h/emz)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]