Ribuan Hektare Sawah Siap Dialiri


Rabu, 07 Januari 2015 - 18:33:43 WIB

“Irigasi tersebut telah selesai diba­ngun tahun 2014 lalu. Dan warga petani telah dapat memanfaatkan air untuk mengairi sawah di kecamatan tersebut,” katanya.

Camat Sutera Fachruddin menye­butkan, irigasi beserta saluran primer yang telah dibangun sepanjang 13,5 Km. Irigasi telah dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh petani di Surantiah.

“Sebelum irigasi selesai, pro­duk­tivitas petani memang menurun soalnya air tidak bisa masuk ke sawah setiap hari. Irigasi dibuka pada hari Sabtu dan Minggu saja. Sementara dari Senin hingga Jumat ditutup untuk pengerjaan proyek. Dari irigasi ini biasanya men­suplai air untuk dua nagari, yakni Surantiah dan Amping Parak,” katanya.

Ketika dalam proses pembangunan, akibat lamanya pelaksanaan proyek pembangunan irigasi maka kepada petani di instruksikan untuk menanam jenis tanaman lain disawah. “Misalnya jagung, kedelai, kacang tanah dan berba­gai tanaman sayuran lainnya,” katanya.

Selsnjutnya Kadispertahornakbun Pessel, Afrizon Nazar mengatakan, di Kambang, Kecamatan Lengayang, lahan pertanian yang tergantung pada irigadi Tampuniak sekitar 4.000 hektare, kemu­dian yang tergantung pada irigasi Am­palu dan Bayang sekitar 8.000 hektare.

Dia menyebutkan, luas lahan sawah di Pessel 30.344 hektare dan merupakan terluas di Sumbar. Adapun jenis irigasi lahan sawah adalah: beririgasi 20.835 hektare, tadah hujan 8.834 hektare, pasang surut 356 hektare dan lebak 320 hektare. (h/har)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com


[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 25 Februari 2020 - 09:48:33 WIB

    Ribuan Kader Demokrat Solok Senam Sehat Bersama Mulyadi

    Ribuan Kader Demokrat Solok Senam Sehat Bersama Mulyadi SOLOK, HARIANHALUAN.COM - Kunjungan silaturahmi Anggota DPR Ir. H. Mulyadi alias MYD ke berbagai tempat di Kabupaten Solok sepanjang hari Minggu (23/2) lalu, dimanfaatkan hampir seribuan orang kader Partai Demokrat (PD) untuk.
  • Kamis, 20 Februari 2020 - 17:44:55 WIB

    Nasrul Abit Siap Carikan Solusi untuk Ribuan Warga Penambang Sijunjung

    Nasrul Abit Siap Carikan Solusi untuk Ribuan Warga Penambang Sijunjung SIJUNJUNG, HARIANHALUAN.COM – Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit, memperlihatkan keseniorannya. Usai rapat paripurna dalam kegiatan Hari Jadi Kabupaten (HJK) Sijunjung ke-71, ia turun menemui ribuan massa aksi dari kelompok.
  • Selasa, 04 Februari 2020 - 18:28:02 WIB

    Siap-siap..! Besok, Seribuan Warga akan 'Serbu' Kantor Bupati di Sarilamak

    Siap-siap..! Besok, Seribuan Warga akan 'Serbu' Kantor Bupati di Sarilamak LIMAPULUH KOTA, HARIANHALUAN.COM - Masyarakat nagari persiapan Ulu Aia, Kecamatan Harau, Kabupaten Limapuluh Kota, bakal menyampaikan aspirasi ke kantor bupati setempat di kawasan Bukik Limau Kecamatan Harau. .
  • Kamis, 12 Desember 2019 - 20:30:05 WIB

    Ribuan Santri Pesantren Thawalib Bukittinggi Doakan Irjen Fakhrizal Kembali

    Ribuan Santri Pesantren Thawalib Bukittinggi Doakan Irjen Fakhrizal Kembali BUKITTINGGI, HARIANHALUAN.COM -- Irjen Pol Fakhrizal mengunjungi Pesantren Thawalib Parabek Bukittinggi pada Kamis (12/12) sebagai bukti pemenuhan janjinya dengan pimpinan pesantren tersebut, H Muhammad Zaki Munawar, LC..
  • Ahad, 24 November 2019 - 17:17:41 WIB

    Ribuan Warga NU Istghosyah di Kurnia Selatan

    Ribuan Warga NU Istghosyah di Kurnia Selatan DHARMASRAYA, HARIANHALUAN.COM - Ribuan warga Nahdiyin yang datang dari Nagari Kurnia Selatan, Kecamatan Sungai Rumbai, sejak pagi mulai memadati masjid Nurul Islam, Nagari Kurnia Selatan, Kecamatan Sungai Rumbai. Sampai tenga.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM