Biaya Asian Games 2018 Rp3 Triliun


Rabu, 07 Januari 2015 - 18:37:43 WIB
Biaya Asian Games 2018 Rp3 Triliun

Namun politisi Partai Ke­bangkitan Bangsa (PKB) mem­­­­beri bayangan agar peme­rintah bisa menyiapkan Rp 3 triliun untuk mempersiapkan semua. Baik dari segi pem­binaan atlet, infrastruktur, hingga hal lainnya.

Baca Juga : Real Madrid dan Juventus Hari Ini Harap-harap Cemas: Bakal Dilarang Tampil di Liga Champions 2021-2022?

“Saya tidak tahu pasti. Bal­ik lagi, kita disini tidak hanya menyiapkan atlet, infra­struk­tur, tapi banyak hal lainnya. Ini kan tahun berjalan, bayangan saya minimal Rp 3 triliun harus bisa disiapkan. Tapi me­mu­tuskan ini kan harus duduk dengan tiga provinsi, berapa yang harus mereka cover, berapa yang harus kami sia­p­kan,” tambahnya.

Selain membutuhkan ang­ga­ran yang cukup besar, untuk menjadi tuan rumah Asian Games, Indonesia mempunyai pekerjaan yang berat namun waktu yang tersedia sangat singkat. Karena waktu yang lebih singkat itu Indonesia dituntut bekerja lebih keras demi bisa mensukseskan gela­ran terse­but. Ketua Komite Olimpiade Asia Sheikh Ah­mad  berjanji akan membantu In­donesia, selaian dia juga mem­beri se­jumlah poin pen­ting yang harus di­per­hatikan pe­merintah In­donesia untuk me­ngatasi wak­tu singkat ter­sbut.

Baca Juga : Valentino Rossi Akui Marquez Berbahaya, Tapi Kali Ini Lebih Waspadai Quartararo

“Ada beberapa hal yang ha­rus diperhatikan untuk mem­­persiapkan semua, apalagi dengan waktu tiga tahun. Se­perti IT (sistem jaringan inte­r­net), broadcast dan security, transportasi umum, dan pe­kerjaan rumah yang harus diperhatikan lainnya adalah segi pariwisatanya,” kata Sheikh, Rabu (7/1/).

“ýSebelumnya hasil dari kunjunganý Wei Ji Zhong (de­legasi OCA) juga ada be­berapa persyaratan yang harus dipenuhi Indonesia. Tapi de­ngan waktu persiapan yang hanya tiga tahun mungkin akan bisa memberi keringanan un­tuk 1-2 cabang olahraga untuk bisa meng­gu­nakan bersama-sama dalam 1 fasilitas,” tam­bahnya.

Baca Juga : Jelang Final Piala Menpora 2021, Ketum PSSI Inspeksi Stadion Maguwoharjo

“Kami juga akan mem­bantu di beberapa bagian/sektor sesuai dengan penga­laman kami, mana yang sesuai dan mana yang belum meme­nuhi standar karena standar games sangat tinggi sekali. Dan kemungkinan juga dana akan bertambah karena ada bebe­rapa proyek fasilitas pendu­kung, dan supporting venue, yang diharapkan bisa menaik­kan wisata di Indonesia,” tun­tasnya. (h/mg-san)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]