Olahraga Selama Hamil Bagus Bagi Otak Bayi


Kamis, 08 Januari 2015 - 19:12:56 WIB
Olahraga Selama Hamil Bagus Bagi Otak Bayi

Temuan ini adalah yang pertama yang menunjukkan bahwa latihan rutin ibu hamil bisa memiliki dampak pada otak bayi yang dikandungnya. “Kita tahu olahraga baik untuk segala macam hal dalam kehamilan.

Baca Juga : Dunia Games League 2021, Dorong Gamer Indonesia Tingkatkan Kemampuan

Selain membuat ibu merasa lebih baik, juga mampu mengontrol berat badan mereka dan memiliki dampak pada berat badan anak mereka.

Kami katakan di sini adalah bonus tambahan bahwa olahraga memberikan anak Anda perkembangan otak yang baik pada awal pertum­buhan­nya,” kata Elise Labonte-LeMoyne, salah seorang pe­neliti.

Baca Juga : Khusus Pria! 5 Model Rambut Ini Bisa Bikin Ganteng Maksimal

Wanita hamil yang menjadi bagian dari studi ini berada dalam trimester pertama kehamilan. Mereka secara acak ditunjuk untuk latihan; 10 perempuan pada kelom­pok latihan bersepeda, berjalan, berlari, atau be­renang selama tiga sesi sing­kat se­ming­gu. De­la­p­an perempuan dalam kelompok kontrol adalah mereka yang tak pernah berolahraga.

Dalam delapan sampai 12 hari setelah bayi lahir, para peneliti mengukur aktivitas otak mereka. Peneliti me­rekam electroencephalograms (EEG) pada saat mereka memainkan bunyi berbeda selama bayi tertidur.

Baca Juga : Ramadan jadi Momentum Penting bagi Perokok Aktif, Kok Bisa?

Langkah ini dilakukan untuk merekam pola aktivitas otak mereka untuk me­nunjukkan seberapa efisien mereka bisa mem­beda­kan antara suara lama dan baru.

Otak yang lebih berkem­bang lebih mudah mengena­linya ketimbang otak yang kurang matang.

Baca Juga : Jakarta Masuk dalam Daftar Kota Termahal Dunia, Ini Penyebabnya

“Bayi yang lahir dari ibu yang aktif secara fisik memiliki aktivasi otak lebih matang, menunjukkan bahwa otak mereka berkembang lebih cepat,” kata Labonte-LeMoy­ne, yang menggam­barkan studinya dalam perte­muan Society for Neuros­cience di San Diego, akhir pekan lalu. “Hal ini penting karena ke­mam­puan untuk membedakan suara adalah dasar dari belajar untuk berbicara dan memahami suara di sekitar Anda.” (h/tnr)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]