Gedung Bernilai Rp5 M Terbengkalai


Kamis, 08 Januari 2015 - 19:24:22 WIB

Kepala Bidang Cipta Kar­ya Dinas Pekerjaan Umum Kota Pariaman yang dihu­bungi Haluan Kamis (8/1), terkait pembangunan yang tak selesai itu menjelaskan, waktu yang pendek, dan tender 2 kali. Tender pertama pada Juli, 2014 gagal. Dan baru pada kontrak 4 Agustus  2014, setelah tender kedua, baru pekerjaan gedung itu dikerjakan.

Pekerjaan yang sekarang selesai itu, 62%, dan yang belum selesai itu, seperti pema­sangan atab, hanya sebagian, dinding, pertisi atau pem­bagian ruang, jendala dan pinti-pintu. Gedung DPPKA yang baru berluas lebih kurang 600 meter tersebut, dibangun ber­lantai dua.

Diakui, kerja pem­bangu­nan yang demikian paling tidak butuh waktu 6 bulan, tetapi karena tender pertama pada juli itu gagal dan diulang lagi, baru pada Agustus 2014, seki­tar tanggal 4, baru pekerjaan dimulai, dengan 120 hari kerja atau 4 bulan menjelang akhir tahun 2014.

Disisi lain, pada awal kerja, pekerjaan itu sering bertra­brakan dengan hari–hari besar, dan hampir pula dua minggu ter­undur. dengan kondisi de­mikian itu akhir Desember 2014, terputus kontrak kerja­nya.

Untuk melanjutkan peker­jaan itu ada aturan baru dari Kementerian Keuangan PMK No 194 tahun 2014, tanggal 6 Oktober, menyebutkan dian­taranya, bahwa apabila peker­jaan tak dapat diselesaikan pada tahun anggaran yang sama, maka dapat diselesaikan per­panjangan waktu dan dibe­ri­kan kepada rekanan menye­lesaikan pekerjaan dengan waktu selama 50 hari kalender, terhitung akhir masa kontrak dan masa akhirtahun dengan tanpa melakukan pemutusan kontrak degan memasukan jaminan oleh rekanan se­ba­nyak sisa pekerjaan yang belum terselesaikan atau minimal 20%. Dan PMK baru berjalan untuk dana APBN.

Sementara pekerjaan de­ngan dana APBD, harus didu­kung petunjuk pelaksanaan yang berbentuk peraturan bu­pati atau walikota. Terkait dengan gedung DPPKA, tentu tidak bisa diberikan aturan seperti PMK, karena dana AP­BD dan lagi dukungan seba­gaimana di PMK, itu be­lum ada di Kota Pariaman. Sementara rekanan ber­kein­ginan untuk menyelesaikan pekerjaan se­suai dengan PMK 194.

Jadi untuk kelanjutan pem­bangunan gedung DPPKA yang belum selesai, tentu diang­garkan lagi di APBD Peru­bahan tahun 2015. (h/tri)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com


[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM