Kembali ke KTSP, Beberapa Materi Kembali Diulang


Kamis, 08 Januari 2015 - 19:36:26 WIB
Kembali ke KTSP, Beberapa Materi Kembali Diulang

Sebagaimana yang di­laku­kan oleh guru di Sekolah Me­nengah Pertama Negeri (SM­PN) 24 Lubuk Begalung, Ke­pala sekolah, A Riadi, melalui Wakil Kepala Yuli Enevi me­ngung­kapkan pada Haluan, karena sekolah ini bukan sekolah pilot project penerapan K-13, seluruh kelas pada se­mes­ter baru ini harus kembali memakai KTSP sebagaimana telah ditentukan.

Baca Juga : Jadwal Pendaftaran CPNS 2021 di Padang Belum Jelas

“Semuanya kembali ke KTSP karena SMP 24 bukan pilot project. Setelah sebelum­nya kami menerapkan K-13, setelah Mendikbud me­mutus­kan kembali, mau tidak mau kita harus kembali ke KTSP. Untuk permasalahan di awal semester ini, beberapa materi yang telah diajarkan memakai K-13 di semester sebelumnya, ditemui lagi pada KTSP yang dijalankan pada semester ini,” ucap Yuli.

Yuli menambahkan, se­ko­lah sudah cukup siap men­jalan­kan K-13, namun karena intruksi kembali ke KTSP harus dijalankan, para guru terpaksa harus menyesuaikan kembali materi yang telah disusun sebelumnya. “Namun saya yakin para guru mampu mengatasinya,” yakinnya.

Baca Juga : Dilepas Rektor UIN IB Padang, Jenazah Masnal Zajuli Dimakamkan di Tanah Datar

Untuk penggunaan buku, sekolah kembali membongkar perpustakaan dan meng­guna­kan buku dengan kurikulum KTSP.

Hal senada diungkapkan oleh Kepala Sekolah Dasar Negeri (SDN) 06 Pasar Am­bacang Kuranji,  Miherni. Mes­kipun guru di sekolahnya telah merasa siap menjalankan K-13, namun bagaimanapun ke­pu­tusan menteri harus dilak­sa­nakan seoptimal mungkin.

Baca Juga : Hendri Septa Serahkan Paket Sembako untuk Warga Sekitar TPA Air Dingin

“Saat ini kita sedang me­lakukan analisa terhadap pe­ngem­balian kurikulum di KTSP.  Karena sebelumnya para guru sudah mulai terbiasa dengan K-13. Sebagian materi memang ada yang terulang. Namun karena kita bukan sekolah pilot project, maka kita tidak bisa melanjutkan praktek K-13,” ucap Miherni.

Di sisi lain, Plt (Pelaksana Tugas) Kepala Dinas Pen­di­dikan (Kadisdik) Kota Pa­dang, Habibul Fuadi, beberapa waktu yang lalu mengung­kap­kan, terdapat 40 sekolah pilot project K-13, seluruhnya me­lanjut­kan penerapan K-13. Sedangkan yang lainnya me­mang berbalik memakai KTSP.

Baca Juga : Pemenuhan Standar Pelayanan Publik Kewajiban Seluruh OPD

“Memang terdapat 40 se­kolah di Kota Padang yang tetap melanjutkan K-13, se­dang­kan yang lain kita minta untuk kembali menggunakan KTSP. Kita harapkan penyesuaian bisa dilakukan dengan optimal,” ucap Habibul. (h/mg-isq)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]