Kembali ke KTSP, Beberapa Materi Kembali Diulang


Kamis, 08 Januari 2015 - 19:36:26 WIB

Sebagaimana yang di­laku­kan oleh guru di Sekolah Me­nengah Pertama Negeri (SM­PN) 24 Lubuk Begalung, Ke­pala sekolah, A Riadi, melalui Wakil Kepala Yuli Enevi me­ngung­kapkan pada Haluan, karena sekolah ini bukan sekolah pilot project penerapan K-13, seluruh kelas pada se­mes­ter baru ini harus kembali memakai KTSP sebagaimana telah ditentukan.

“Semuanya kembali ke KTSP karena SMP 24 bukan pilot project. Setelah sebelum­nya kami menerapkan K-13, setelah Mendikbud me­mutus­kan kembali, mau tidak mau kita harus kembali ke KTSP. Untuk permasalahan di awal semester ini, beberapa materi yang telah diajarkan memakai K-13 di semester sebelumnya, ditemui lagi pada KTSP yang dijalankan pada semester ini,” ucap Yuli.

Yuli menambahkan, se­ko­lah sudah cukup siap men­jalan­kan K-13, namun karena intruksi kembali ke KTSP harus dijalankan, para guru terpaksa harus menyesuaikan kembali materi yang telah disusun sebelumnya. “Namun saya yakin para guru mampu mengatasinya,” yakinnya.

Untuk penggunaan buku, sekolah kembali membongkar perpustakaan dan meng­guna­kan buku dengan kurikulum KTSP.

Hal senada diungkapkan oleh Kepala Sekolah Dasar Negeri (SDN) 06 Pasar Am­bacang Kuranji,  Miherni. Mes­kipun guru di sekolahnya telah merasa siap menjalankan K-13, namun bagaimanapun ke­pu­tusan menteri harus dilak­sa­nakan seoptimal mungkin.

“Saat ini kita sedang me­lakukan analisa terhadap pe­ngem­balian kurikulum di KTSP.  Karena sebelumnya para guru sudah mulai terbiasa dengan K-13. Sebagian materi memang ada yang terulang. Namun karena kita bukan sekolah pilot project, maka kita tidak bisa melanjutkan praktek K-13,” ucap Miherni.

Di sisi lain, Plt (Pelaksana Tugas) Kepala Dinas Pen­di­dikan (Kadisdik) Kota Pa­dang, Habibul Fuadi, beberapa waktu yang lalu mengung­kap­kan, terdapat 40 sekolah pilot project K-13, seluruhnya me­lanjut­kan penerapan K-13. Sedangkan yang lainnya me­mang berbalik memakai KTSP.

“Memang terdapat 40 se­kolah di Kota Padang yang tetap melanjutkan K-13, se­dang­kan yang lain kita minta untuk kembali menggunakan KTSP. Kita harapkan penyesuaian bisa dilakukan dengan optimal,” ucap Habibul. (h/mg-isq)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com


[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM