PDIP Bisa Jadi Rujukan Kaderisasi


Kamis, 08 Januari 2015 - 19:39:46 WIB

Menurut Haryadi, ini rele­van, setidaknya untuk me­ngatasi kecenderungan prag­matisme partai politik di Indo­nesia. Sudah barang tentu ketika sekarang PDI Perjua­ngan menjadi partai yang me­me­rintah, niscaya pola per­juangan dan strategi perjua­ngannya berbeda dengan saat dulu menjadi partai oposisi.

“Sebagai partai yang me­merintah, tentu ini menjadi momentum bagi PDI Per­juangan untuk meng­ope­ra­sionalkan ideologi nasio­nalis­me kewargaan/keIndonesiaan menjadi ideologi yang bekerja. Tak cukup ideologi itu ber­henti pada level retorik, tapi harus operasional dalam ben­tuk alternatif-alternatif kebija­kan yang berorientasi publik warga-negara,” ung­kapnya.

Senada dengan Haryadi, pengamat politik dari Lem­baga Ilmu Pengetahuan In­donesia (LIPI), Siti Zuhro mengatakan, PDI Perjuangan seharusnya lebih berani men­jadi rujukan sebagai partai yang sukses melakukan kaderisasi di internal.

“Sudah saatnya PDIP me­nunjukkan sebagai partai yang bisa dijadikan rujukan. PDIP sudah relatif berhasil, kader­nya bagus-bagus, sukses me­rekrut kepala daerah yang orangnya yahud,” kata Siti kepada wartawan di Jakarta, Kamis (8/1).

Menurut Siti, kesuksesan PDIP melakukan kaderisasi itu bisa terlihat dengan mun­culnya kader-kader seperti Presiden Joko Widodo, Gu­ber­nur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan lainnya. Selan­jutnya, PDIP harus terus me­negaskan po­sisinya sebagai partai yang dekat dengan rakyat kecil.

Ketegasan itu, jelas Siti, dapat dilakukan dengan terus menjunjung tinggi ajaran Bung Karno agar Indonesia ber­daulat di bidang politik, ber­dikari di bidang ekonomi, dan berkepribadian di bidang bu­daya. “Tegaskan sebagai partai wong cilik, karena partai lain tak seperti PDIP,” ujar Siti.

Untuk diketahui, PDIP didirikan pada 10 Januari 1973 dengan nama Partai De­mokrasi Indonesia (PDI). PDI merupakan hasil fusi dari lima partai, yakni Partai Nasional Indonesia, Partai Katolik, Partai Kristen Indonesia, Par­tai Musyawarah Rakyat Ba­nyak, dan Partai Ikatan Pen­dukung Kemerdekaan Indo­nesia. (*/mdk)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com


[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 21 Februari 2020 - 07:48:36 WIB

    Politikus PDIP dan Hanura Komisaris BRI, PKS: Terkesan Bagi-bagi Jabatan

    Politikus PDIP dan Hanura Komisaris BRI, PKS: Terkesan Bagi-bagi Jabatan JAKARTA,HARIANHALUAN.COM-Politikus PDIP Dwi Ria Latifa dan politikus Hanura Zulnahar Usman ditunjuk sebagai Komisaris PT Bank BRI. .
  • Selasa, 18 Februari 2020 - 15:35:16 WIB

    8 Nama Ini Berpeluang Diusung PDIP untuk Pilgub Sumbar 2020

    8 Nama Ini Berpeluang Diusung PDIP untuk Pilgub Sumbar 2020 PADANG, HARIANHALUAN.COM - PDIP tengah menggodok delapan nama untuk diusung di Pilgub Sumatera Barat (Sumbar) 2020. Empat dari delapan nama tersebut adalah ketua partai di tingkat provinsi..
  • Selasa, 18 Februari 2020 - 12:00:26 WIB

    Megawati Tetapkan 48 Paslon Pilkada 2020 yang Diusung PDIP

    Megawati Tetapkan 48 Paslon Pilkada 2020 yang Diusung PDIP JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - PDI Perjuangan (PDIP) akan mengumumkan 48 pasangan calon kepala daerah dan calon wakil kepala daerah Gelombang I yang akan berlaga di Pilkada Serentak 2020 pada Rabu (19/2)..
  • Selasa, 04 Februari 2020 - 22:02:48 WIB

    PDIP: Alhamdulillah Anies Sudah Tobat

    PDIP: Alhamdulillah Anies Sudah Tobat JAKARTA, HARIANHALUAN.COM – Sejumlah pohon mulai kembali ditanami di kawasan Monumen Nasional (Monas) sisi selatan tempat revitalisasi. Tindakan ini disebut PDIP menunjukan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah bertobat.
  • Selasa, 21 Januari 2020 - 21:31:17 WIB

    Ketua DPD PDIP Solo Sedih dan Kasihan terhadap Megawati, Lho Kenapa?

    Ketua DPD PDIP Solo Sedih dan Kasihan terhadap Megawati, Lho Kenapa? SOLO, HARIANHALUAN.COM - Kasus dugaan suap terkait Pergantian Antar-Waktu (PAW) DPR RI melibatkan kader PDIP, Harun Masiku. Ketua DPC PDIP Solo, FX Hadi Rudyatmo, merasa mengaku sedih dan kasihan terhadap Ketua Umum PDIP, Meg.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM