Dinas Pertanian Segera Cek ke Lapangan


Jumat, 09 Januari 2015 - 20:02:57 WIB
Dinas Pertanian Segera Cek ke Lapangan

Kendati demikian, Edi tetap meminta kepada para petani untuk bisa bersabar sampai solusi dan perbaikan dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Tanah Datar.

Baca Juga : Masyarakat Nagari Sikucua Barat Dialogkan Hal-hal Penting dengan Leonardy Harmainy Dt. Bandaro Basa

Sebagaimana diketahui, dalam pemeritaan Haluan kemarin disebutkan, saluran irigasi yang terletak di Nagari Salimauang, Kabupaten Tanah Datar, kondisinya sudah mulai mengkhawatirkan. Irigasi yang biasa digunakan oleh para petani untuk mengairi sawah­nya ini, ternyata sudah mulai mengalami kerusakan. Aki­bat­nya, puluhan hectare lahan pertanian warga terancam ga­gal panen.

Kebocoran ini juga terjadi di Jorong Minang Jaya, Nagari Minangkabau, Kecamatan Su­ngayang. Saat ini, sebagian petani yang kesulitan air masih bisa menyuplai menggunakan pompa dari kepala banda ter­sebut. “Di Kelompok Tani Sawah Balai ini terdapat 300 hektare lebih areal sawah, sebagian petani mulai me­nyuplai air dari bandar ter­dekat menggunakan mesin pompa air. Kendala kami pun disebabkan tidak baiknya salu­ran irigasi di kepala banda karena sudah beberapa tahun rusak,” sebut Sekretaris Keltan Sawah Balai, Nagari Minang­kabau, Chandra Antoni ke­pada Haluan, Jumat (9/1) di Batusangkar

Baca Juga : Jadi Ketua LKAAM Kota Pariaman, Genius Umar: Ayo Bangkitkan Kembali Nuansa Adat yang Berlandaskan Agama

“Se­lain persoalan irigasi yang tidak baik, kami juga disu­litkan dalam mendapatkan pupuk, banyak petani yang tidak berhasil mendapatkan pupuk subsidi itu, di kios-kios pupuk selalu tidak mencukupi kebutuhan para petani,” pung­kas Anton. (h/fma/hel)

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]