Ruang Terbuka Hijau Ditempati PKL


Jumat, 09 Januari 2015 - 20:07:43 WIB
Ruang Terbuka Hijau  Ditempati PKL

Hal serupa juga dikatakan oleh Ijon, pedagang sate  di kawasan RTH. Dia juga sudah lama berjualan di lokasi tersebut, apalagi menurutnya cukup banyak pengunjung RTH yang menghabiskan waktu di sana.

“Kalau jualan di Pasar Raya sudah banyak, kalau di RTH ini masih sedikit yang jualan sate, makanya saya memilih disini jualan,” jelas Tini.

Baca Juga : Hadiri Wisuda TK dan SMP Adz-Zikra, Wako Padang Hendri Septa Beri 'Reward'

Sementara itu, menurut Kepala Dinas Tata Ruang dan Tata Bangunan (TRTB) Kota Padang, Afrizal BR menjelaskan di dalam Undang Undang (UU) Nomor 26 Tahun 2007 tentang penataan ruang mensyaratkan ruang terbuka hijau pada wilayah kota paling sedikit 30 persen dari luas wilayah kota.  RTH ini selain untuk memperbaiki tata kota dari sisi lingkungan, juga bisa digunakan untuk tempat bermain dan melepas penat warga.

“Ini membawa konsekuensi setiap lahan yang kita tempati, idealnya minimal 70 persen digunakan untuk bangunan dan 30 persen untuk lahan hijau. Lahan hijau ini tidak hanya di RTH, taman-taman kota juga termasuk ruang hijau. Di Kota Padang masih banyak taman-taman kota. Kalau WC memang kita masih terbatas. Namun,  di tempat-tempat umum memang disediakan, tetapi dikelola oleh swadaya masyarakat,” ucap Afrizal.

Terkait dengan ruang RTH yang ditempati oleh PKL menurutnya itu menjadi kewajiban pihak terkait untuk menertibkannya.  “Karena di RTH memang sudah diatur agar tidak ada yang berdagang,” tutupnya. (h/ows)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]