GOR H Agus Salim Masih Milik Pemprov Sumbar


Jumat, 09 Januari 2015 - 20:09:16 WIB
GOR H Agus Salim Masih Milik Pemprov Sumbar

DIKELOLA KOTA PADANG

PADANG, HALUAN — Meski Pemerintah Provinsi Sumatera Barat telah menyerahkan aset GOR H Agus Salim kepada Pemerintah Kota Padang, namun, hak kepemilikan aset ini masih tercatat sebagai aset Pemprov Sumbar.

Baca Juga : Sumarak Alek Nagari, Koarsa Laksanakan Sunatan Massal di Sungai Batang

Hal ini ditegaskan Kepala Biro Pengelolaan Aset Set­daprov Sumbar Novrial Jumat (9/1) saat Haluan meng­kon­firmasi masalah ini. “Aset GOR H Agus Salim masih milik kita (Pemprov Sumbar,-red), yang kita berikan kepada Kota Padang hanya penge­lolaannya saja atau istilahnya pinjam pakai,” kata Novrial.

Ditambahkannya, sehu­bungan dengan masih bergu­lirnya proses tukar guling aset antara dengan Pemprov Sum­bar dengan Bank Negara Indo­nesia (BNI), pengelolaan yang diberikan kepada Kota Pa­dang di luar kawasan yang masih aset BNI.

Baca Juga : BMKG Maritim Teluk Bayur: Waspadai Angin Kencang dan Gelombang Hingga 4 Meter

“Pengelolaan yang kita berikan ke Kota Padang hanya pada aset yang tercatat sebagai milik Pemprov Sumbar seperti lapangan tenis, gedung Susi FM, lapangan basket, Lapa­ngan Volli Ball, Gedung Kos­goro, Lapangan Parkir, ba­ngunan stadion utama dan lokasi pameran,” jelas Novrial.

Sebelumnya, Pemprov Sum­­bar menyerahkan pe­nge­lolaan kawasan GOR H Agus Salim kepada Pemerintah Ko­ta Padang  mulai 1 Desember 2014 lalu. Pemprov me­ngel­uarkan Surat Perjanjian Pin­jam Pakai antara Pemprov dan Pemko padang Nomor 166/Perj./BPAD-XII/2014 dan Nomor 1694.1270/u­mum-Dispora/XII_2014. Per­janjian ini diperjelas melalui surat Sekdaprov Nomor 030/35/BPAD-II/I/2015 tanggal 8 januari 2015 tentang Izin Pe­mungutan Pa­jak dan Retribusi di kawa­san GOR H Agus Salim.

Menurut Kadispora Pa­dang Suardi, kawasan GOR seluas 5 hektare telah di­izinkan oleh Gubernur Sum­bar,  melalui Sekdaprov untuk pengembangan dan pemu­ngutan pajak serta res­tri­businya.

“Pemko telah menyiapkan konsep pengembangan kawas­an GOR H Agus Salim di­antaranya selain sebagai ka­wasan olah raga,  juga kawa­san wisata kuliner dan wisata keluarga, sedangkan fasilitas olahraganya perlahan kita siapkan sebagai kawasan olah raga bertaraf nasional bahkan internasional,” kata Suardi.

Ia menambahkan, saat ini telah dimulai dengan mere­novasi fasilitas kolam renang Teratai melalui anggaran 2015, dengan dana Rp 1,3 miliar.

“Pengembangan kawasan GOR, juga mendukung ke­siapan Kota Padang sebagai tuan rumah Porprov 2016 dan PON 2024,” ujar Suardi.

Adapun kawasan tersebut diantaranya lapangan tenis, gedung Susi FM, lapangan basket, lapangan Volli Ball, Gedung Kosgoro, Lapangan Parkir, bangunan stadion utama dan lokasi pameran. Sementara yang termasuk aset BNI berada di kawasan Lapau Mama, pinggir GOR, dan beberapa lokasi lainnya. (h/mg-isr)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]