KPU Hitung Ulang Anggaran Pilkada


Jumat, 09 Januari 2015 - 20:09:58 WIB
KPU Hitung Ulang Anggaran Pilkada

PADANG, HALUAN — Dicukurnya anggaran pelaksanaan Pilkada serentak pada APBD Sumbar 2015 oleh Kementerian Dalam Negeri, membuat KPU Sumbar mengambil langkah cepat dengan melakukan penyesuaian dan penghitungan ulang terkait kebutuhan anggaran pelaksanaan Pilkada serentak, yang rencananya akan digelar Desember 2015.

“Anggaran yang tersisa sebesar Rp25 miliar (setelah dipangkas Rp40 miliar) itu, jelas mengancam suksesi pe­laksanaan Pilkada serentak di Sumbar,” kata Ketua KPU Sumbar, Amnasmen.

Baca Juga : Sumarak Alek Nagari, Koarsa Laksanakan Sunatan Massal di Sungai Batang

Dikatakan, dalam perte­muan bersama Pemprov dan DPRD Sumbar, ditemukan kesepahaman bahwa anggaran yang tersedia sebesar Rp25 miliar itu, bisa menggagalkan pelaksanaan tahapan Pilkada serentak di Sumbar. Sehingga, disepakati jika anggaran Pil­kada Sumbar dinaikkan men­jadi Rp45 miliar.

“Dengan catatan, jika ang­garan itu kurang, maka akan ditambah sesuai kebutuhan KPU dalam APBD Peruba­han. Yang jelas, kita harus menghitung ulang lagi, sampai dimana anggaran sebesar Rp45 miliar itu bisa mem­biayai pelaksanaan tahapan Pilkada,” jelasnya.

Baca Juga : BMKG Maritim Teluk Bayur: Waspadai Angin Kencang dan Gelombang Hingga 4 Meter

Dari hitung-hitungan KPU, kebutuhan anggaran untuk melaksanakan tahapan Pil­kada serentak 2015 mencapai Rp95 miliar. Jumlah tersebut katanya, juga telah diko­munikasikan dengan Pemprov dan DPRD Sumbar. “Kita akan usulkan kembali kebu­tuhan anggaran itu kepada Pemprov dan DPRD Sum­bar,” sebut Amnasmen.

Sebelumnya, Ketua DPRD Sumbar Hendra Irwan Rahim mengatakan, evaluasi APBD Sumbar 2015 yang dilakukan Mendagri, ikut mempengaruhi anggaran Pilkada serentak di Sumatera Barat.

Dia menga­takan, DPRD dan Pemprov Sumbar akan bertemu lang­sung dengan Men­­dagri terkait sejumlah item APBD 2015 yang sebe­lumnya dievaluasi Mendagri tersebut. (*/yan)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]