Muka Lama Bakal Dominasi Pencalonan


Ahad, 11 Januari 2015 - 18:51:47 WIB
Muka Lama Bakal Dominasi Pencalonan

“Peluang calon-calon bupati yang kalah pada Pilkada lalu untuk ikut kembali sangat besar,” terang pengamat poli­tik lokal Padang Pariaman, Zulkarnain Dt. Bandaro Basa pada Haluan, Minggu (11/1) di Pariaman.

Baca Juga : Menara Masjid Raya Sumbar jadi Daya Tarik Baru Wisatawan

Zulkarnain yang meru­pakan mantan ketua PPNU Padang Pariaman ini men­ilai, besarnya peluang para kadin­dat tersebut, karena masing masing kadindat meru­pakan pengurus/kader partai politik. “Dengan partai yang dimi­likinya, para kandidat tersebut memiliki peluang yang besar untuk bersaing dingan incum­bent,” katanya.

Seperti Yobana Samial merupakan kader dari PPP. Saat ini PPP memiliki 3 kursi di DPRD Padang Pariaman. Sehingga perlu partai koalisi yang memiliki 5 kursi untuk bisa mengusung calon. Partai yang memiliki lima kursi di DPRD yakni, Golkar dan Nasdem.

Baca Juga : Antisipasi Penyebaran Covid-19 Saat Lebaran, Nagari Sinuruik Pasaman Barat Dirikan Posko dan PPKM Mikro

Sementara itu M.Yusuf yang saat ini menjabat sebagai anggota DPRD Provinsi Riau dari partai PKB. Di Padang pariaman PKB memiliki 4 kursi. Untuk itu perlu partai koalisi yang memiliki 4 kursi juga. Partai partai yang me­miliki 4 kursi  meliputi, PDIP, PKS, Gerindra.

Jasman Juni Dt. Gadang yang sebelumnya juga me­rupakan calon Bupati Padang Pariaman, merupakan kader partai Gerindra dan menjabat sebagai anggota DPRD Sum­bar. Gerindra di Padang Paria­man memiliki 4 kursi. Untuk bisa mencalon juga harus ber­koa­lisi dengan partai yang memiliki 4 kursi pula.

Ketua KPU Padang Pa­riaman, Vifner pada Haluan mengungkapkan, kalau Per­ppu tentang Pilkada disetujui oleh DPR-RI, maka untuk bisa mencalonkan, partai politik harus memiliki 20% kursi di DPRD atau 25% suara. (h/ded)


Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]