Dua Pencuri Pupuk Dibekuk


Ahad, 11 Januari 2015 - 19:24:54 WIB
Dua Pencuri Pupuk Dibekuk

Kedua pelaku mencuri 30 karung atau seberat 1,5 ton pupuk jenis Phoska di gudang milik  Dasril (59) warga Kelurahan Koto Panjang Pa­dang, Kecamatan Latina, Kota Payakumbuh pada perte­nga­han Agustus 2014 lalu. “Salah satu pelaku berperan meng­gunting gembok pengun­ci gu­dang dan satunya lagi berperan untuk memantau situasi di sekitar lokasi. Setelah gudang berhasil mereka jebol, baru lah pupun mereka angkat dan di naikkan atas mobil yang sudah dipersiapkan,”ungkap AKBP Yuliani.

Setelah berhasil menda­patkan puluhan karung pupuk, selanjutnya pupuk tersebut mereka bawa ke luar Kota Payakumbuh untuk dijual. “Pupuk curian, mereka pasar­kan ke berbagai daerah di Sum­bar. Kita masih melaku­kan penyidikan lebih dalam untuk mengungkap kasus ini. Termasuk mencari dimana penadah barang curian terse­but,”tegas AKBP Yuliani.

Baca Juga : Denda Tak Patuh Prokes di Sumbar Capai Puluhan Juta Rupiah, Untuk Apa Ya?

Tak hanya pupuk yang men­cari incaran kawanan pen­curian tersebut, beras pun tak luput untuk mereka curi. Dari penga­kuan kedua pelaku, me­re­ka kerap mencuri beras di berbagai tempat penggilingan padi  dan gudang beras. “Ka­lau tidak ada pupuk yang men­jadi target curian kami, terpak­sa kami mencuri beras. Beras curian kami jual,”ujar pelaku kepada penyidik Polres Paya­kumbuh.

Selain berhasil menangkap pelaku, Satreskrim juga me­nga­­mankan sejumlah barang bukti. Di antaranya 1 gunting kawat untuk menje­bol gembok gudang dan 1 unit hand­phone. Atas perbuatannya, Muham­mad Gazali dan Dodi Putra­melanggar  pasal 363 KUH pidana dengan ancaman huku­man diatas 5 tahun.

Hingga kini, kedua pelaku mendekam di sel Mapolres Payakumbuh dan masih da­lam pemeriksaan penyidik untuk proses hukum lebih lanjut. (h/ddg)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]