Masih Muda, Tapi Ubanan


Senin, 12 Januari 2015 - 19:19:20 WIB
Masih Muda, Tapi Ubanan

Menurut dokter ahli penya­kit dalam dari Divisi Hema­tologi-Onkologi Medis Fakul­tas Kedokteran UI, Nadia Ayu Mulansari, tanda-tanda anemia bisa muncul tergantung pada jenis penyebab anemia atau penyakit yang mendasarinya. “Secara umum adalah lemas dan pusing, wajah pucat,”kata Nadia.

Baca Juga : Ingat Ya! Bayarkan Dua Hal Ini Dulu Kalau Dapat THR

Tanda-tanda lain, menurut dokter anggota pengurus besar Perhimpunan Ahli Penyakit Dalam Indonesia (Pabdi) ini, adalah rambut yang beruban di usia dini. Juga sering sariawan dan sulit buang air besar, kuku-kuku terlihat rapuh, juga menjadi tanda-tanda anemia. “Keinginan yang aneh-aneh, seperti sering mengunyah es batu atau ingin makan tanah liat atau clay itu bisa juga pertanda anemia. Istilahnya dalam dunia kedokteran ada­lah Pica,’’ ujarnya.

Anemia dikenal sebagai suatu keadaan yang menggam­barkan kadar hemoglobin (Hb)  atau jumah eritrosit (sel darah merah) dalam darah kurang dari nilai normal. Jika kadar Hb berkurang, oksigen dalam darah pun ikut berku­rang. Ibaratnya, oksigen akan kehilangan “kendaraan” untuk beredar ke seluruh tubuh. Nah, saat itulah seseorang akan mengalami apa yang disebut anemia.

Baca Juga : Wah! Konten Video Vision+ Original Series hingga Live TV Nasional Kini Hadir di MAXstream

Penyebabnya, bisa karena seseorang mengalami penda­rahan serta menurunnya produksi sel darah merah akibat kekurangan zat besi. Secara garis besar, penyebab anemia bisa dikaji dalam tiga hal. Pertama, karena kehila­ngan darah. Ini kebanyakan terjadi pada perempuan yang sedang menstruasi, usai melahirkan, atau sedang menyusui.

Kedua, penyebabnya bisa karena faktor genetik yang menyertai penyakit-penyakit, seperti talasemia, hemog­lobinopati, dan anemia sikle cell. Cara mengatasi penyebab kedua ini, tak ada jalan lain, selain transfusi darah. Penyebab ketiga anemia bisa karena adanya penyakit kronis atau keganasan. Misal­nya, penyakit ginjal, hati, infek­si kronis, penyakit jaringan ikat atau keganasan (kanker).

Baca Juga : Semarakkan Momen Ramadan, Ada Video Challenge Telkomsel Berhadiah Puluhan Juta

Meski bukan penyakit, ane­mia pada manusia perlu diwaspadai. Karena, anemia bisa menjadi tanda seseorang mengidap suatu penyakit. Na­dia mengatakan, setiap men­dapati pasien yang datang dengan keluhan tanda-tanda anemia, dia selalu berharap itu adalah anemia saja. Namun tak jarang, setelah ditelusuri, jika tanda-tanda anemia muncul tapi tidak diketahui penye­babnya, dapat dipastikan yang bersangkutan menderita penyakit yang lebih dari sekadar anemia. (h/fmn)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]