104 Kios PKL di Carocok Segera Direlokasi


Senin, 12 Januari 2015 - 19:40:43 WIB
104 Kios PKL di Carocok Segera Direlokasi

“Agar kesemerautan kawa­san akibat belum tertatanya lokasi berdagang tidak lagi mengganggu pemandangan di lokasi wisata unggulaan ini, maka dalam waktu dekat akan diupayakan semua pedagang kaki lima sudah pindah ke kios-kios yang telah tersedia ini,” katanya.

Baca Juga : Mantan Wagub Sumbar Bangun Rumah Gadang Malintang Panai

Dijelaskanya bahwa pe­ngem­bangan melalui penye­dian berbagai sarana penunjang di kawasan wisata Pantai Ca­rocok Painan itu, sudah meru­pakan kebutuhan, termasuk juga lokasi untuk berjualan bagi pedagang. Sebab akibat belum tersedianya lokasi itu, mem­buat kawasan wisata masih semraut.

“Dengan telah tuntasnya pembangunan kios-kios untuk lokasi berjualan ini, maka mereka sudah bisa dipin­dah­kan. Sebab pembangunan kios itu memang bertujuan untuk menjawab keluhan mereka juga agar bisa berjualan pada tempat yang representatif,” ujarnya.

Baca Juga : BMKG Sampaikan Kisaran Ketinggian Hilal Jelang Penetapan Ramadan, Sumbar 3,66 Derajat

Ditambahkanya bahwa pem­bangunan petak kios yang berjumlah sebanyak 104 petak itu, dilakukan pada tahun 2014.

“Sumber dana sebanyak 50 petak dari APBD Kabupaten, dan sebanyak 54 petak dari pemerintah pusat melalui Kementrian Koperasi dan UKM. Dari jumlah yang ter­sedia saat ini, sehingga pena­taan kawasan dari kesemrautan sudah bisa dilakukan. Walau bila dihitung dari kebutuhan berdasarkan permintaan ma­sih kurang,” terangnya.

Baca Juga : Waspada! Gelombang Tinggi di Mentawai Bisa Mencapai 5 Meter

Ditambahkanya, tahun 2015 ini beberapa sarana pe­nunjang di kawasan wisata itu juga akan dilakukan pemba­ngunannya. Beberapa sarana penunjang itu diantaranya,  dermaga mini di Pulau Batu Kereta sebagai sarana penye­berangan ke Pulau Cingkuak, dan lanjutan pengaspalan jalan tembus objek wisata Pantai Carocok-Pantai Salido yang juga berfungsi sebagai jalan lingkar wisata, Salido, Ca­rocok dan Bukit Langkisau.

“Termasuk juga pem­bua­tan merek Pantai Carocok, taman dan ruang terbuka hijau, lokasi bermain, serta pem­bangunan pintu gerbang masuk ke Pantai Carocok, melalui kerjasama dengan Bank Syariah Mandiri (BSM),” ungkapnya.

Baca Juga : Sosialisasikan Empat Pilar Kebangsaan di Painan, Also: Inilah Pemersatu Bangsa Kita

Diyakininya bahwa upaya itu akan membuat kawasan wisata Pantai Carocok Painan akan semakin diminati oleh pengunjung.

“Jika tahun 2014 PAD yang dihasilkan dari Kawasan Wisa­ta Pantai Carocok Painan sudah mencapai Rp1,650 mi­liar, maka tahun 2015 akan bisa mencapai Rp 2 miliar. Dari itu penataan dan penye­diaan berbagai sarana penunjang perlu dilakukan,” tutupnya. (h/har)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]