Masyarakat Ikhlaskan Lahan untuk Pelurusan Batang Lumpo


Selasa, 13 Januari 2015 - 19:09:05 WIB
Masyarakat Ikhlaskan Lahan untuk Pelurusan Batang Lumpo

Dalam kegiatan pembe­basan lahan tersebut juga dihadiri oleh 2 orang ang­gota DPRD Provinsi Sumbar yaitu, H Saidal Maspiyuddin, Iswandi Latif dan anggota DPRD Pessel Petmawati, Asis­ten 1 Pemda Pessel Khairul, Kepala Dinas PSDA Pessel Yusdi Ali Umar, Muspika Kecamatan Bayang, para tokoh masyarakat dan para undangan lainnya. Kegiatan tersebut berlangsung di ruang Kantor Wali Nagari Gurun Panjang Induk Bayang, Senin (12/1).

Baca Juga : PT Mutiara Agam Bantu Paket Lebaran untuk Anak Panti Asuhan

Wali Nagari Bayang Utara Zainul Arifin, mengatakan, Batang Lumpo sering meluap. Kondisi tersebut membuat keresahan masyarakat.

Menurutnya, salah satu faktor yang memicu daerah tersebut rawan banjir, akibat sungai yang berbelok-belok, sehingga arus air tidak lancar menuju muara.

Baca Juga : Pemkab Pesisir Selatan Siapkan Berbagai Dokumen Demi Kelanjutan Pembangunan Pelabuhan Pansahan

“Jika aliran sungai dibiar­kan, kerusakannya semakin parah tentu kerugian yang lebih fatal  bakal terjadi,” katanya.

Kepala PSDA Pessel Yusdi Ali Umar, mengatakan, pihak­nya mendukung dan mem­fasilitasi pemerintah provinsi untuk segera menormalisasi sungai.

Dengan adanya partisi­pasinya masyarakat, diharap­kan pembangunan pe­nanggulangan banjir dapat terlaksana pada tahun 2016 mendatang.

Sementara itu, anggota DPRD provinsi Sumbar Saidal Maspiyuddin mengatakan, sebenarnya pemerintah sudah menganggarkan pembangunan  normalisasi Batang Lumpo pada tahun 2007 lalu, namun terkenda akibat masalah pembebasan tanah yang belum tuntas, akhirnya dana yang sudah disediakan miliaran rupiah itu kembali ke kas negara.(h/mjn)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]