Jalur Pemasaran Asuransi Mikro Diperlebar


Selasa, 13 Januari 2015 - 19:10:18 WIB

Selain perusahaan pem­biayaan, wasit industri keua­ngan ini akan mendorong lembaga keuangan mikro (LKM) untuk menjual pro­duk asuransi yang murah meriah ini. Dengan begitu, jalur pemasaran asuransi mik­ro bisa lebih luas menjangkau masyarakat segmen ke bawah yang ingin membeli polis proteksi.

Lantaran sifat produknya yang relatif sederhana, Fir­daus menilai, LKM tidak akan kesulitan. Ini berbeda halnya dengan produk asuransi ko­mer­sial yang memang butuh petugas yang lebih paham tentang dunia asuransi, di­sertai proses persetujuan polis lebih panjang.

Di saat yang sama, langkah ini pun bisa memudahkan perusahaan asuransi. Karena perusahaan asuransi tidak harus merogoh koceknya dalam-dalam membuka ca­bang baru demi meluaskan jaringan untuk menjaring nasabah.

Bila dilihat dari sisi premi, lini bisnis asuransi mikro memang kontribusinya masih kecil karena tarifnya yang mini. Namun demikian, pe­nam­bahan jumlah nasabah akan berdampak terhadap kenaikan penetrasi industri asuransi.

Dalam dua tahun ke de­pan, OJK menargetkan jum­lah pemegang polis asuransi mikro bisa mencapai 10 juta orang. Sampai saat ini, jumlah pemegang polis asuransi baru mencapai 5 juta nasabah. Padahal, potensi nasabah asuransi mikro bisa mencapai 77 juta jiwa.

Begitu juga dari sisi penet­rasi asuransi di dalam negeri. Melalui asuransi mikro ini, diharapkan angka penetrasi asuransi bisa mencapai 5% dalam 10 tahun ke depan dari saat ini yang baru 1,7%.

Hal ini diamini Ketua Asosiasi Asuransi Jiwa Indo­nesia (AAJI) Hendrisman Rahim. Potensi peningkatan penetrasi dan tertanggung asuransi menjadi manfaat yang bisa didapat dari asuransi mikro.

Meski pun dari sisi premi, menurut Hendrisman, nilai­nya belum cukup besar bila dibandingkan total premi yang diraih industri asuransi. “Mungkin premi asuransi mik­ro bersama baik dari asuransi umum maupun asu­ransi jiwa pada tahun ini mencapai Rp 1 triliun,” kata­nya.

Pada akhir tahun lalu, OJK bersama dengan asosiasi asuransi jiwa, umum dan syariah merilis produk mikro bersama. Adapun produk mikro bersama yang dilun­curkan adalah Warisanku, Rumahku, Stop Usaha Erupsi, Stop Usaha Gempa Bumi, Asuransiku, Asuransi Mikro Penuh Cinta alias si Peci dan Asuransi Mikro si Bijak.  (h/trn)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com


[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 16 Mei 2019 - 00:24:10 WIB

    KPK Endus 'Uang Pelicin' Jalur Khusus Masuk Fakultas  Kedokteran Universitas Negeri

    KPK Endus 'Uang Pelicin' Jalur Khusus Masuk Fakultas  Kedokteran Universitas Negeri JAKARTA, HARIANHALUAN.COM-Banyak laporan yang diterima KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi?)  terkait  penerimaan mahasiswa Jalur Khusus di Perguruan Tinggi Negeri..
  • Senin, 17 Desember 2018 - 10:51:05 WIB
    SUMBAR PASAR GELAP TERBESAR

    Jalur Haram Rokok Ilegal

    Jalur Haram Rokok Ilegal Rokok ilegal diangkut dengan truk besar dari Riau menuju Sumbar. Sampai di Sumbar, para cukong memberdayakan kurir-kurir kecil yang disebut ‘tikus’ untuk menyebar ke kabupaten/kota. Targetnya warung-warung kecil di peloso.
  • Kamis, 29 November 2018 - 10:39:04 WIB

    Perketat Jalur Masuk, Pekerja Kasar Asing Tak Dibenarkan

    Perketat Jalur Masuk, Pekerja Kasar Asing Tak Dibenarkan PADANG, HARIANHALUAN.COM — Pakar hukum internasional, Firman Hasan mengatakan bahwa masuknya Tenaga Kerja Asing (TKA) ke Indonesia adalah hal yang lumrah, terutama setelah disahkannya regulasi ASEAN Free Trade Area (AFTA). .
  • Senin, 08 Januari 2018 - 11:35:48 WIB

    Surati Sejumlah Badan Usaha, PT KAI Keluar Jalur

    Surati Sejumlah Badan Usaha, PT KAI Keluar Jalur Diam-diam, PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) Divre II Sumbar mengirimkan surat terbatas ke PLN, Telkom dan PDAM Padang agar memutuskan jaringan listrik, internet dan air ke Basko Hotel dan mall. Langkah di luar kewenangan yang.
  • Selasa, 07 November 2017 - 13:44:33 WIB

    Operasi Zebra Singgalang 2017, Polisi Perketat di Jalur Sumbar-Riau

    Operasi Zebra Singgalang 2017,  Polisi Perketat di Jalur Sumbar-Riau LIMAPULUH KOTA, HARIANHALUAN.COM - Satuan Lalulintas Polres Limapuluh Kota terus tingkatkan pengawasan terhadap kendaraan dalam Operasi Zebra (OZ) kali ini. Terutama di jalur penghubung Sumbar-Riau. Dalam Operasi Zebra yang d.

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM