Tahun 2015, PDAM Targetkan 1.000 Sambungan Baru


Selasa, 13 Januari 2015 - 19:11:32 WIB
Tahun 2015, PDAM Targetkan 1.000 Sambungan Baru

“Untuk tahun 2015 ini, kita targetkan 1.000 pemasangan baru sehingga seluruh masyarakat Sawahlunto bisa mendapat air bersih,” tutur Syafnil.

Baca Juga : Penyekatan Dimulai, Ratusan Kendaraan Diputarbalik Saat Hari Pertama

PDAM Sawahlunto sangat kesulitan dalam hal operasional pemompaan air, terutama instalasi pompa air di Rantih, yang bersumber dari Batang Ombilin dan harus merentang pipa setinggi 400 meter yang dialirkan ketempat pengolahan air baku kayu Gadang.  “Untuk menarik air dari Batang Ombilin ke Kayu Gadang, memakan biaya listrik yang sangat besar,” sebutnya.

Guna mensiasati biaya listrik yang tinggi untuk pengoperasian pompa air Rantih ter­sebut, sebutnya, maka dilakukan pengop­timalan instalasi pipa air Kandi yang bisa melayani 2.500 pelanggan disekitar Sikalang dan Santur. “Hadirnya instalasi pengolahan air Kandi ini sangat membantu kita,” tambahnya.

Baca Juga : Pascalarangan Mudik, Dua Maskapai Ini masih Beroperasi di BIM

Kesulitan pendistribusian air kepada masyarakat pelanggan dikota ini, terletak pada topografi wilayah Kota Sawahlunto yang berbukit, bahkan tergolong terjal. Selain medan yang sulit, juga sumber air yang terbatas menjadi kendala dalam pendistribusian akan air bersih itu. “Mensiasati hal, itu PDAM Sawahlunto berupaya menambah jumlah sumber air serta mengoptimalkan instalasi pipa yang terdekat untuk penyaluran air disekitarnya,” paparnya lagi

Besarnya pemakaian listrik tentu akan berimbas pada biaya operasional yang tinggi, namun PDAM Kota Sawahlunto belum be­rupaya untuk menaikkan taris air pelanggan. “Untuk pengajuan kenaikan tariff dasar air ini, ke depannya akan kita serahkan kepada pemerintah kota, disetuji atau tidak tergantung pemerintah,” pungkasnya. (h/mg-rki/hel)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]