Rumah Singgah Tidak Dimanfaatkan


Selasa, 13 Januari 2015 - 19:13:44 WIB
Rumah Singgah Tidak Dimanfaatkan

Meski sudah disediakan rumah singgah di dua penginapan yang berlokasi hanya dua kali lapangan bola kaki dari RSUD tersebut, pihak RSUD Lubuksikaping me­ngaku kewalahan dengan sikap keluarga yang tidak mau mengerti dengan layanan kemudahan dan kenyamanan yang telah disediakan pemerintah daerah.

Baca Juga : Gempa Berkekuatan 3,3 Magnitudo Dirasakan di Bukittinggi

Hal itu disampaikan Dirut RS­UD Lubuksikaping dr. Hidayah saat menyambut kunjungan mendadak Bupati Pasaman Benny Utama, Selasa (13/1). Dalam kunjungan tersebut, Bupati Benny Utama tanpa membawa tim SKPD. Orang nomor satu di pemkab tersebut, disambut oleh Dirut dan Kabid Perencanaan dan Pengembangan RSUD Lubuk­sikaping Ardiwitra.

“Pemkab bekerja sama dengan Badan Amil Zakat (BAZ) Nasional Kabupaten Pasaman, untuk men­yediakan rumah singgah untuk tempat menginap bagi keluarga pasien. Ini sangat rendah pe­man­faatan­nya oleh keluarga pasien. Ke depannya, pihak RSUD harus men­yampaikan informasi ini kepada masyarakat keluarga pasien,” ujar Benny Utama.

Baca Juga : Sambut Idul Fitri 1442 H, DPC IWAPI Pasaman Gelar Pasar Murah

Rumah singgah yang disediakan oleh Pemkab melalui kerja sama BAZ tersebut, berlokasi di Pengi­napan Gunung Pasaman dan Hotel Hamco. Sementara itu, ruang rawat inap pasien sudah terbatas dengan tiga sampai empat pasien yang tinggal. Di tambah lagi keluarga pasien sebanyak dua sampai lima orang. Tentu saja kondisi ini penuh sesak dan menganggu kenyamanan pasien. Padahal, di rumah singgah telah disediakan untuk kapasitas 50 orang itu.

Dirut RSUD dr. Hidayah ber­janji akan memperbaiki layanan pasien terutama memberi penger­tian kepada keluarga pasien yang akan menginap mendampingi ke­luarganya yang dirawat.

Baca Juga : Prakiraan Cuaca Sumbar Hari Ini, BMKG: Waspada Gelombang Laut Hingga 3 Meter

“Kini belum maksimal pe­man­faatan rumah singgah, yang hanya sekitar 10 orang saja yang mengi­nap setiap bulannya. Mereka lebih me­milih menginap di ruangan tem­pat famili mereka dirawat,” kata Dirut. (h/col)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]