Lokasi Grand Start TdS 2015 Selesai


Selasa, 13 Januari 2015 - 19:22:00 WIB
Lokasi Grand Start TdS 2015 Selesai

“Namun bagaimana tek­nis­nya tentu nanti diserahkan kepada panitia. Kita menye­diakan tempat yang susuai standar TdS, namun melihat luas lokasi dan kondisi tempat tampaknya sudah memadai,” katanya.

Baca Juga : Semen Padang FC Resmi Boyong Striker Sarat Pengalaman ke Indarung

Sementara untuk area par­kir menurutnya, panitia lokal telah dapat menggunakan ka­wasan reklamasi yang baru di arah selatan. Selain itu juga ada tempat parkir utama. Pessel dapat menampung ribuan ken­da­raan untuk iven besar tersebut.

Dikatakannya, kawasan grand start Tour de Singkarak (TdS) 2015 di kawasan Caro­cok Painan selesai akhir tahun 2014 lalu. Agar pelaksanaan TdS 2015 berlangsung dengan baik, daerah itu harus bekerja keras selama setahun mem­persiapkan sarana. Menjelang pelaksanaan memang ada pe­nam­bahan area reklamasi di Pai­nan Selatan yakni kelanjutan area reklamasi sekarang.

Baca Juga : Shin Tae-yong Panggil Lima Pemain Baru untuk TC Timnas Indonesia

Kepala Dinas PU Pessel Pri Nurdin menyebutkan, re­kla­masi itu selain bertujuan untuk memperluas kawasan yang akan dijadikan lokasi grand start juga untuk penga­manan dan keindahan pantai. Disini nanti seluruh kegiatan yang berkenaan dengan grand stard TdS 2015 disediakan, tentu perlu rapi dan indah.

Terkait grand start TdS 2015, hal itu sudah ditetapkan oleh pejabat berwenang pada saat Pessel menjadi tuan rumah start etape 9 TdS 2014 lalu. Semenjak itu, Pessel bertekad akan menjadikan grand start TdS 2015 sebagai pembukaan yang paling berkesan bagi peserta dan penonton.

Multi Fungsi

Sekda Pessel Erizon juga menjelaskan, lanjutan rekla­masi Carocok yang diarahkan ke Painan Selatan nantinya juga berfungsi banyak yakni sebagai lahan parkir, arena pertunjukkan rakyat bila kegia­tan TdS selesai. Jadi dasar pemikiran lain penambahan kawasan reklamasi itu adalah lahan parkir yang masih terba­tas di sekitar Carocok. Selama ini sejumlah pengunjung me­mang mengeluh akan sarana parkir di objek itu.

“Daya tampung parkir ken­daraan yang ada saat ini hanya sekitar 6000 kendaraan roda empat. Sementara selama li­bur Lebaran kemarin, jumlah kendaraan yang masuk kesana men­capai 10000. Ini menye­babkan lahan yang seharusnya untuk jalan terpakai untuk parkir. Dimasa akan datang tentu akan terjadi peningkatan yang lebih besar dan mem­butuhkan areal parkir luas,” katanya menjelaskan.

Proyek reklamasi telah dimulai semenjak tahun 2012 lalu saat adanya Kementerian Pembangunan Daerah Ter­tinggal (KPDT) Expo dan disatukan dengan kegiatan Festival Langkisau. Dana re­kla­masi berasal dari pe­me­rintah pusat dan APBD Pessel. Lahan itu kini telah dapat dipergunakan untuk berbagai kegiatan dan pertunjukkan bes­ar selain untuk arena parkir.

Dia juga menyampaikan, dengan angka kunjungan wisa­tawan ke Carocok yang men­capai 15.000 pengunjung se­tiap hari pada saat libur Lebaran, Pemkab Pessel sudah merasa kewalahan melengkapi sarana prasarana. (h/har)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]