Jebol Loteng, 2 Tahanan Kabur


Selasa, 13 Januari 2015 - 19:38:22 WIB
Jebol Loteng, 2 Tahanan Kabur

Pihak Mapolres seakan menutup-nutupi kejadian itu, karena lebih dari satu jam menunggu Kapolres Solok Kota AKBP Guntur Hindarsyah yang tadinya berjanji akan memberikan keterangan terkait kejadian ini, namun tak kunjung datang. Akhirnya melalui Paur Humas Polres Solok Kota Ipda A Hanapiah didampingi Kabag Ops Kompol Rifai keterangan terkait kaburnya tahanan ini berhasil diperoleh.

Baca Juga : Antisipasi Curanmor saat Ramadan, Ini Imbauan Polda Sumbar

Ipda A Hanapiah mengung­kap­kan, kedua tersangka kabur dengan kasus berbeda ini tidak sendiri berada di dalam sel Mapolres, melainkan ada 5 tahanan lainnya yang juga sama –sama mendekam di kamar hotel prodeo tersebut. Pihaknya menga­takan saat petugas melakukan pe­ngecekan, salah seorang tahanan lain di sel itu melaporkan  jika dua rekannya satu sel kabur melalui atap atau loteng sel Mapolres.

“Tahanan lain melihat kedua tersangka ini kabur lewat loteng,” kata Ipda A Hanapiah didampingi Kabag Ops Kompol Rifai di ruang ker­jannya, Selasa (13/1) kemarin.

Baca Juga : Berkunjung ke Sumbar, Doni Monardo Minta Perantau Lebaran Virtual

Mengetahui adanya tahanan kabur itu, dua petugas jaga malam itu lantas melakukan pengejaran. Namun, hing­ga kemarin, pihak Kepolisian setem­pat belum juga menemukan titik terang keberadaan kedua tersangka.

Kabag Ops Kompol Rifa’i me­nye­butkan, setiap harinya Mapolres ini dijaga oleh 18 petugas. Masing-masing dari Sat Lantas, Sat Reskrim, Sat Intel, dan petugas lain. Namun, untuk menjaga tahanan di sel Ma­polres, hanya ditempatkan dua petugas. Kompol Rifai tak me­nampik, jika semua CCTV yang terpasang di Mapolres Solok Kota aktif. Namun, entah kenapa, petugas tidak melihat dan mengetahuinya. “Kalau yang piket memang banyak. Tapi, tentu sesuai fungsi dan tugas­nya masing-masing,” papar Kompol Rifai.

Baca Juga : Pengurus DPD Ikadin Sumbar Dilantik, Siap Lahirkan Hotman Paris dari Minang

Seorang sumber Haluan menga­takan, saat kejadian para tahanan lain sudah melambai-lambaikan tangan ke CCTV untuk mem­beritahu petu­gas, jika ada dua tahanan akan kabur. Namun, entah tertidur atau bagai­mana, lambaian tersebut tidak diketahui petugas. Sementara untuk mengetahui kro­nologis pasti kabur­nya tahanan Mapolres Solok Kota ini, para Wartawan juga tidak diizin­kan untuk melihat langsung hasil re­kaman CCTV itu. (h/ndi)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]